Proggres Pembangunan Monumen Tsunami Capai 80 Persen

0
992
Loading...

MAUMERE,fokusnusatenggara.com- Pembangunan Monumen Tsunami yang dilaksanakan di Taman Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),  sudah hampir rampung. Bahkan hingga November 2016, proggres fisik pekerjaan telah mencapai 80 persen.

15369744_724873417667712_160526571_oHal ini disampaikan Yeni Kabupung, selaku kordinator pembangunan Monumen Tsunami kepada wartawan di Maumere, Kamis, 8 Desember 2016.  Menurutnya, pembangunan monumen tersebut, sebagai bentuk peringatan akan tragedi Gempa Bumi dan Tsunami yang terjadi di wilayah Flores pada 12 Desember 1992 silam, dimana Kabupaten Sikka sebagai pusatnya.

“ Konsep filosofis dari monumen ini, akan menggambarkan susana duka masa lalu pasca kejadian 1992, serta harapan baru untuk menatap masa depan setelah kejadian tersebut. Dimana suasana penuh keceriaan dan kegembiraan di masa depan, dengan ditadai semangat baru dari masyarakat Sikka yang mulai bangkit kembali setelah mengalami tragedi tsunami yang melanda kabupaten Sikka,” ungkapnya.

Ditambahkannya,  pembangunan monumen peringatan Tsunami ini dibuat dalam dua bagian sesuai konsepnya, dimana melambangkan masa lalu dan masa depan, dengan lokasi taman akan dipisah menjadi dua zona di mana sebelah timur melambangkan zona masa lalu, bagian barat melambangkan zona masa depan.

“ Di tempat ini terdapat monumen yang melambangkan gelombang yang saling bertabrakan dan di belakangnya ada gelombang dan 2 kolam di depannya melambangkan air  laut. Selain itu, monumen yang dikelilingi taman hijau ini, akan dibagi dalam dua zona sebagai simbol kenangan dan masa depan masyarakat Sikka,” jelasnya.

Proyek pembangunan Monumen Tsunami ini, menggunakan dana APBD Sikka tahun 2016 sebesar Rp 2,5 Miliar. Pembangunan dikerjakan oleh PT Gading Landscape Maumere, dengan konsultan pengawas CV. Sonny Helper Consultan, dengn masa kerja 120 hari kalender sejak tanggal 12 Agustus sampai 9 Desember 2016.  (Jhon Da Gomez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here