Umat Budha Kota Kupang Dukung GKH

0 84

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Bertempat di lokasi pembangunan Vihara Pubbaratana, Sikumana, Kecamatan Maulafa Kota Kupang, Provinsi NTT, komunitas umat Budha serentak melaksanakan penanaman pohon, sebagai bentuk dukungan atas program Gerakan Kupang Hijau (GKH) Pemkot Kota Kupang.

“ Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kami umat Budha Kota Kupang, atas program GKH yang dilaksanakan oleh bapak Jefri Riwu Kore selaku Walikota Kupang yang sudah dialunching beberapa waktu lalu,” ungkap Indra Efendy, Ketua Umat Budha Terafada Kota Kupang, kepada wartawan, Rabu 5 Desember 2019.

Sementara itu, Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore dalam sambutannya mengatakan, kondisi kota kasih saat ini sangat membutuhkan pertahanan cadangan air bawah tanah, sehingga bisa digunakan pada musim kemarau. Pasalnya, sampai saat ini pengeloaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan, masih mempergunakan cadangan air bawah tanah.

Karena itu Gerakan Kupang Hijau dengan penanaman pohon dan pembuatan lubang resapan, agar dapat mempertahankan cadangan air serta melancarkan resapan air hujan kedalam tanah.

Ia juga mengapresiasi umat Budha yang telah menerima dan mengikuti himbauan Pemkot agar secara bersama dapat melindungi dan menjalankan gerakan kepedulian alam, demi melestarikan ekosistem yang ada.

“Penanaman pohon ini agar dapat memberikan lindungan terhadap mata air, serta memberikan daya tarik air bawah tanah ke permukaan,” katanya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Yakobus Beda Kleden mengatakan, gerakan penanaman pohon yang dilakukan oleh agama, adalah suatu gebrakan dalam menyelamatkan lingkungan.  Dikarenakan dalam misi besar agama tidak hanya untuk manusia tetapi bagaimana dapat mempertahankan alam, sehingga sebagai insan yang mendiami bumi ini dapat hidup dengan baik dalam lingkaran ekosistem yang sehat.

“Tugas besar agama tidak hanya menyelamatkan manusia, tetapi bagaimana juga bisa menyelamatkan alam yang telah diciptakan Tuhan bagi manusia,” katanya. (*/humas)


Reporter: Usif


Comments
Loading...