ads

Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Topik : 

Pembangunan Bendungan Temef Ditargetkan Rampung Tahun 2023

Reporter : ANTON TAOLINEditor: ADMIN
  • Bagikan

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Pembangunan Proyek Strategis Nasional ( PSN ) Bendungan Temef di Kabupaten TTS, Provinsi NTT yang sesuai kontrak baru akan selesai 2024 mendatang, dipastikan lebih cepat rampung pada tahun 2023 ini. Pasalnya, pembangunan bendungan dengan alokasi dana 2,4 Triliun yang dimulai sejak 2018 lalu dengan sistim multi years tersebut, saat ini progres fisiknya sudah 72 persen.

“ Kontraknya memang sampai tahun 2024. Tetapi kami upayakan tahun 2023 ini rampung 100 persen.  Ini karena progresnya saat ini sudah mencapai 72 persen ,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Bendungan Temef Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II, Fajar Hariaji, Kamis, 19 januari 2023.

Lebih lanjut Fajar menyebutkan total progres fisik untuk paket I dan II sudah mencapai 72 persen. Sementara sisa 28 persen fisik untuk paket III dan IV yang sekarang dikerjakan akan diselesaikan tahun ini.

Baca Juga :  BPBD Kota Kupang Segera Salurkan Bantuan Sosial Korban Badai Seroja

“ Pembangunan Bendungan Temef dibagi 4 paket, dimana paket I dan II sudah selesai. Sekarang masuk paket III dan IV dan realisasi kemajuan progres sudah 72 persen. Dasar ini kami optimis pembangunan bendungan Temef ini rampung 2023 lebih cepat dari kontrak yakni 2024. Kami targetkan pada Agustus nanti akan mulai melakukan impounding, pengisian air bendungan ,” jelas Fajar, optimis.

Baca Juga :  Ada Kadis ‘Bayangan’ Di Dinas PU Kota Kupang

Dia menyebutkan item pekerjaan untuk paket III dan IV yang sementara dikerjakan saat ini, kata Fajar, sebagian besar masih melanjutkan pembangunan bendungan utama/tubuh bendungan, akses jalan masuk, spilway, dan fasilitas umum dengan anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 400 miliar lebih dari total nilai kontrak Rp 2,7 triliun.

  • Bagikan