Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

Provinsi NTT Kembali Masuk Zona Merah 9 Orang Positif Covid -19

0 1.988

Kupang, fokusnusatenggara.com / 1 Mei 2020

NTT kembali masuk Zona Merah setelah sembilan orang dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil tes swab. Terinci dari 9 orang itu dua di Labuan Bajo Manggarai Barat merupakan kluster tabliq akbar Gowa dan 7 lainnya merupakan kluster Sukabumi.

Khusus ketujuh kluster Sukabumi ini adalah anaggota Polda NTT peserta Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol ) Sukabumi. Polda NTT mengirimkan 26 anggota. Namun 8 orang dinyatakan positif bersama 282 anggota lainnya dan menjalani perawatan di Sukabumi. Sementara 18 anggota lainnya dipulangkan ke NTT dan menjalani karantina di SPN Kupang. Hasilnya 7 orang positif Covid -19.

Kepala Dinas Kesehatan NTT, drg Domi Mere mengatakan dari sembilan orang tersebut, tujuh pasien merupakan pasien di RSUD Johannes Kupang dan dua pasien di RSUD Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat.

“Jadi dari 13 sampel SWAB di RSUD Johannes yang dikirim, 7 dinyatakan positif COVID-19. Sementara dua di Labuan Bajo ,” kata drg Domi Mere ( 30/4).

Menurut dia, saat ini ketujuh pasien tersebut sudah diisolasi dan dipindahkan dari RSUD W.Z. Johanes Kupang ke RS Bhayangkara Titus Uli. Sementara, dua pasien positif di Labuan Bajo, saat ini telah diisolasi di RSUD Komodo Labuan Bajo.

“Mereka sudah diisolasi dan dalam kondisi baik. Akan dilakukan pemeriksaan sampel SWAB berikutnya. Kami harapkan masyarakat NTT tenang dan jangan panik dengan kondisi seperti ini ,” harap drg Domi Mere.

Dia menjelaskan, total sampel yang dikirim untuk pemeriksaan Swab Test berjumlah, 117 sampel. Dari 117 sampel, 56 sudah ada hasil.

“ Jelasnya dari 56 sampel itu, 46 dinyatakan negatif dan 10 dinyatakan positif, termasuk El Asamau yang telah dinyatakan sehat. Sementara ada 36 sampel yang belum ada hasil,” jelas drg Domi Mere.

Saat ini ungkap drg Domi Mere, pihak gugus tugas covid-19, sedang menelusuri siapa saja yang pernah berkontak langsung dengan sembilan pasien ini.

“ Kami sudah Dinas Kesehatan Manggarai Barat dan Kota Kupang untuk segera melakukan tracking supaya semua yang pernah bersosialisasi atau melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 dapat diperiksa.

Karena itu drg Domi Mere minta masyarakat ekstra waspada sambil tetap mematuhi protokol kesehatan. ” Kami minta masyarakat waspada, perlu ada deteksi dini. Karena itu, masyarakat harus tetap taat pada protap pemerintah. Hindari kerumunan, jaga jarak dan selalu pakai masker,” imbuhnya.

Seperti diberitakan fokusnusatenggara.com sebelumnya sebanyak 300 anggota Polri dari total 1.550 siswa calon perwira di Setukpa Lemdikpol dinyatakan positif Corona Covid -19 setelah dilakukan rapid test. Dari jumlah tersebut 8 orang berasal dari Polda NTT. Sementara sisanya 18 orang dipulangkan ke NTT dan menjalani karantina di SPN Kupang. Mereka dilakukan test Swab. Hasilnya 7 orang positif Covid -19.

Comments
Loading...