Peringati HPN, Wartawan Maumere Gelar Baksos

0 49

MAUMERE,fokusnusatenggara.com- Dalam rangka peringati Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2017 dan HUT pertama Aliansi wartawan Sikka (Awas), yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2017 nanti, puluhan wartawan di Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan kegiatan bhakti sosial berupa pembersihan saluran drainase di ruas jalan pertokoan Maumere.

Ketua Awas Maumere, Ruben Riantobi, kepada wartawan di lokasi kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kepedulian para pekerja pers di Kabupaten Sikka, yang selama ini hanya mewartakan berbagai persoalan di Sikka tanpa turun langsung untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“ Kami ingin menunjukan bahwa wartawan pun bisa membersihkan sampah dan drainase dengan menggandeng berbagai elemen masyarakat yang ada, dan juga sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan kota,” ungkapnya pada Jumat, 3 Februari 2017.

Pengelolaan sampah di Kabupaten Sikka, lanjut Riantobi, harusnya berbasis masyarakat atau komunitas bukan lagi berbasis pemerintah.  Apalagi sudah ada Peraturan Daerah yang mengatur tentang sampah.

“Apa indahnya monumen tsunami dengan tamannya yang megah dibangun namun di depannya banyak tempat sampah menumpuk dan berserakan serta saluran air mengeluarkan bau busuk,” tuturnya.

Riantobi mengajak semua unsur masyarakat terutama para wartawan agar selain mengkampanyekan kebersihan juga melakukan aksi nyata.  “Kadang-kadang orang hanya banyak berbicara namun tidak melakukan dan apa yang dilakukan rekan-rekan wartawan hari ini bisa menjadi contoh yang baik,” pungkasnya.

Laporan : Jhon Da Gomez

Comments
Loading...