Pelindo III  Bangun Terminal Penumpang Dermaga Lorens Say

0 64

MAUMERE,fokusnusatenggara.com-  Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen pengguna jasa transportasi laut, PT. Pelindo III, menurut rencana pada tahun 2017 akan membangun sejumlah infra struktur di beberapa pelabuhan. Salah satunya adalah Dermaga Lorens Say Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang kegiatan Ground Breaking (peletakan batu pertama), sudah dilakukan pekan lalu.

15681972_735830699905317_985602634_oPotas Tambunan, Deputi Bidang Usaha Konstruksi Sarana dan Prasarana Perhubungan, Kementerian BUMN dalam sambutannya mengungkapkan, pembangunan infrastruktur kepelabuhan menjadi perhatian serius pemerintah untuk mendukung kelancaran perdagangan dan distribusi barang maupun arus penumpang kapal.

“ Kita harapkan dengan pembangunan ini akan semakin memperlancar kegiatan embarkasi dan debarkasi penumpang kapal laut, serta mampu meningkatkan pariwisata melalui kunjungan kapal pesiar yang trendnya semakin meningkat,” Ungkapnya di Maumere, Jumat, 23 Desember 2016.

Sementara itu, Dirut Pelindo III, Orias Petrus Moedak menambakan, pembangunan di sektor kemaritiman dan pariwisata saat ini dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sebab dalam sektor tersebut terdapat nilai ekoomis tinggi bagi masyarakat dan negara. Pelabuhan -pelabuhan yang berada diwilayah kerja Pelindo III, kebetulan secara geografis memiliki potensi ekonomi yang tinggi.

“ Disamping sebagai kegiatan bisnis, keberadaan pelabuhan di Pelindo III, bertujuan melayani kapal-kapal niaga yang menghubungkan kawasan barat dan  timur Indonesia. Sebab banyak destinasi wisata yang menarik kunjungan kapal-kapal pesiar manca negara untuk berkunjung melalui pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III,” ungkapnya.

Terminal penumpang pelabuhan Lorens Say, dibangun dengan luas lahan 6038 m2, yang terdiri dari dua lantai.  Lantai satu seluas 1800 m2 dan lantai dua 726 m2. Dengan ketinggian bagunan 26 meter yang berkapasitas 1000 orang.

Laporan : Jhon Da Gomez

Comments
Loading...