BPMD TTU Latih Pendamping Sari Tani

0 54

KEFAMENANU,fokusnusatenggara.com- Guna meningkatkan kapasitas tenaga pendamping program Sari Tani di Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BMPMD) setempat lakukan kegiatan pelatihan kepada 161 tenaga pendamping.

ttuKepala BMPD TTU, Robertus Nahas menjelaskan, pelatihan ini merupakan periode kedua untuk program Sari Tani. Selain memberikan peningkatan kapasitas bagi tenaga pendamping, kegiatan ini juga memberikan pemahaman yang utuh tentang Tupoksi Pendamping Kelompok Masyarakat (PKM), Unit Pengelolah Sari Tani (UPST), Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam pelaksanaan Program Sari Tani.

Ditambahkannya, upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten TTU dengan adanya program Sari Tani, yang menitik beratkan pada pengelolaan sisitim pertanian yang berekonomis tinggi dan moderen. Program ini sudah dicanangkan sejak kepemimpinan Raymundus Fernandez, Bupati TTU pda periode pertama kepemimpinannya.

“ Dampaknya sangat positif, dengan angka kemiskinan yang menurun ditahun  2014 yakni 34,19%.  kita yakini dengan dukungan sektor dan program pro rakyat lainnya seperti Program Bedah Rumah Layak Huni, maka kedepan angka kemiskinan di Kabupaten TTU akan menurun cukup tajam,” ungkapnya kepada wartawan di Aula Frawijaya pada pembukaan kegiatan ini, Rabu 14 Desember 2016.

Ditambahkannya, ada beberapa program pokok  dari program sari tani yakni,  perikanan, pertanian dan peternakan, kegiatan ini nantinya akan didamping oleh tenaga – tenaga terampil diantaranya lulusan sarjana pertanian, peternakan dan perikanan.

Laporan : George Meol

Comments
Loading...