Daftar Di PDIP, WT Diantar Seluruh Suku Besar Dari Foho

0
632
Loading...

BETUN,fokusnusatenggara.com- Wendelinus Taolin (WT), politikus muda asal Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, yang sudah nyatakan diri maju menjadi Bakal Calon Wakil Bupati Malaka tahun 2020, resmi mendaftar ke PDI Perjuangan pada Rabu, 18 September 2019.

Wande Taolin tidak sendiri. Dia diantar oleh perwakilan suku besar dari lima kecamatan di wilayah Foho, (Sebutan bagi etnis dawan,red) yang merupakan basis pemilih dari Wande Taolin. Bahkan sebelum mendaftar, Wande Taolin juga meminta restu kepada para tetua adat di Sonaf Io Kufeu (Sonaf Bani-Bani) sebagai rumah sukunya. Oleh pemangku adat Sonaf Io Kufeu, yang diwakili oleh “Kato Teun Nai Ne” terdiri dari Suku Fio Manuin Faif, Unsain Fantoni dan Bieut Baun Manubnain serta Sian Takun atau Sasian Tataen yang merupakan struktur pelengkap dalam wilayah Sonaf Io Kufeu.

“ Kemarin sebelum adik Wande diantar daftar ke PDIP, semua kepala suku yang ada di Sonaf Io Kufeu ini memberikan doa dan restu. Restu diberikan sebab Wande adalah anak suku dan memang kebiasaan disini seperti itu,” ungkap Benediktus Thomas Taolin, Kakak Kandung Wande Taolin kepada fokusnusatenggara.com, Kamis, 19 September 2019.

Menurut Beni Taolin, selain restu dari Sonaf Io Kufeu, Wande Taolin juga diantar oleh beberapa suku besar dari Sasitamean, Malaka Timur, Laenmane dan Botin Leobele. Mereka menilai bahwa sosok Wande Taolin dinilai layak dan mampu untuk mengemban tugas sebagai Wakil Bupati Malaka, apabila pada proses nanti, ada kepercayaan masyarakat serta restu dari Tuhan.

“ Respon mereka sangat baik, bahkan mereka senang dan rela mengantar Wande  untuk mendaftar. Semua sisa kita serahkan ke masyarakat apabila mereka percaya serta restu dari Tuhan ya semoga berjalan baik,” ujar Mantan Kepala Desa Tunabesi, Io Kufeu dua periode ini.

Sementara itu, melihat respon masyarakat yang sangat antusias, Wande Taolin secara terpisah mengakatan, dirinya hanya berjalan dengan proses yang baik. Bahwa ada dukungan dari seuruh masyarakat di wilayah Foho, itu bagian dari proses yang dilakukan selama ini. Saat ini dirinya hanya berusaha meyakinkan masyarakat bahwa dukungan, restu serta doa mereka tidak akan sia-sia. Semua akan terjawab dengan indah pada saatnya.

“ Saya sangat terharu dengan respon yang begitu luar biasa dari masyarakat. Kepercayaan ini akan menjadi energi baru bagi saya untuk terus berusaha secara politik agar doa mereka bisa terjawab dengan baik. Sisanya sekarang saya serahkan proses ini kepada partai dan masyarakat,” ungkap mantan anggota DPRD Kabupaten Malaka ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, Wendelinus Taolin dipastikan akan berpasangan dengan Bupati Petahana saat ini yakni Stefanus Bria Seran (SBS). Bahkan dalam setiap momen kegiatan bupati SBS, Wande Taolin Nampak terlihat menemani. Selain PDI Perjuangan dua partai politik yang sudah dijajaki wande Taolin yakni Partai Golkar dan Nasdem. (JeOt


Editor: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here