Ngopi Di Pasar Ruteng, Ini Janji BKH

0 103

RUTENG,fokusnsuatenggara.com- Calon Gubernur NTT, Benny K. Harman (BKH) melakukan blusukan ke Pasar Puni Ruteng, Minggu, 18 Februari 2018. Blusukan kali ini, BKH ingin melihat kondisi dan persoalan mendasar para pedagang. Modal usaha menjadi momok dan akar masalah para pedagang. Lantas bagaimana BKH sikapi ini?

Pagi itu, BKH datang bersama rombongan ke Pasar Puni Ruteng, Manggarai. Kedatangan politisi kawakan ini mendapat antusias warga serta para pedagang yang ada. Sambil ngopi, BKH serius mendengar keluhan warga.

“ Kami yang berdagang disini hanya bisa berdoa agar dagangan kami laku, dan bisa bayar bunga koperasi harian. Sebab modal yang diputar kami pinjam dari kporasi dengan bunga 30 persen, otomatis keuntungan hanya buat bayar cicilan. Kalau nanti bapak jadi Gubernur NTT, tolong perhatikan hal ini,” ungkap Lidia Angkar, pedagang sayur kepada BKH.

Dengan tarikan napas dan raut wajah yang serius, BKH mulai memberikan penjelasan serta solusi atas pertanyaan Lidia. Menurutnya, masalah modal usaha bukan hanya terjadi di Ruteng tapi seluruh NTT. Pedagang susah dapat keuntungan, sebab keuntungan per hari hanya bisa membayar pokok serta bunga pinjaman koperasi.

“ Masalah ini merupakan masalah yang serius serta hampir merata di NTT. Saya di TTS juga dikeluhkan soal ini. Untuk itu kami sudah rumuskan kebijakan apabila kami terpilih menjadi Gubernur NTT mendatang, kami akan memberi pinjaman ringan tanpa bunga dan jaminan kepada pengusaha kecil,” jelas BKH.

Dijelaskannya, pinjaman ringan modal usaha yang diberikan, dengan kisaran modal pinjaman Rp. 500.000 hingga Rpo. 1.000.000. dengan pinjaman tanpa modal dan jaminan ini, diharapkan keuntungan yang didapat bisa meningkatkan perekonomian keluarga. Para pedagang tidak lagi bergantung pada pinjaman koperasi yang bunganya mencekik.

“Apabila kita terpilih nanti, kita akan berikan pinjaman kepada masyarakat tanpa bunga dan jaminan dengan jumlah kirasan 500 sampai 1 juta rupaih. Soal teknis pengembalian, nanti kita atur lengkap dengan metode evaluasi dan monitoring, agar dana tersebut dimanfaatkan dengan benar,” jelasnya.

Dalam blusukan tersebut, BKH bersama rombongan di sambut dengan sangat meriah. Bahkan para pedagang harus antri untuk meminta foto bersama dengan mantan Ketua Komisi III DPR RI era Presiden SBY. Bahkan para pedagang juga menyatakan tekad dengan bulat untuk mendukung putra terbaik Manggarai tersebut menjadi Gubernur NTT mendatang. (tim media harmoni)

Comments
Loading...