Boni Hargens:  Tentang “Bupati Sontoloyo”, Buktikan Kalau Saya Salah!

0 53

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Pengamat politik Universitas Indonesia, Boni Hargens menegaskan, terkait dengan pernyataan yang dilansir media dalam diskusi di Markas BaraJP, Provinsi NTT, Sabtu 20 Agustus 2016 lalu, yakni “ Banyak Bupati di NTT Yang Loyo dan Sontoloyo”, dirinya meminta kepada semua pihak yang tidak terima, agar segera membuktikan kalau pernyataan tersebut salah.  

HargensHargens menegaskan hal tersebut, melalui email yang diterima redaksi www.fokusnusatenggara.com. Dalam email tersebut, dirinya menulis beberapa hal yang menajdi alasan dikeluarkan penyataan tersebut.

Menurutnya, setelah pernyataan itu berkembang di media, muncul pro dan kontra. Dirinya menerima banyak surat elektronik termasuk membaca komentar di banyak media sosial, yang isinya mencerca atas pernyataan tersebut. Dirinya merasa ini lelucon dalam demokrasi kita yang hanya “bebas” dan “terbuka”, tetapi tidak disertai kesadaran dan pengertian yang utuh tentang makna demokrasi.

Bahkan dirinya menuding, mereka yang menyerang dinilai tidak mampu membuktikan di mana letak masalah dalam pernyataan itu. Dirinya menilai, pihak yang tidak terima atas pernyataan tersebut, bereaksi secara emosional.  Padahal, tujuan dari pernyataan itu adalah untuk menyadarkan seluruh rakyat NTT, bahwa kemiskinan struktural dan persoalan mendasar lain yang membumi di NTT disebabkan oleh kepemimpinan politik yang rakus dan korup di NTT.

Bahkan dalam surat tersebut, dirinya menantang agar siapaun yang  menentang pernyataannya, silahkan memberi argumentasi yang masuk akal serta dengan cara yang sehat. Demokrasi memang tidak mudah bagi yang tidak waras berpikir, tetapi itulah jalan keselamatan untuk kemaslahatan umum. (fatur) 

 

Comments
Loading...