Andreas Hugo Pareira Siap Maju Dalam Pilgub NTT

0 49

MAUMERE,fokusnusatenggara.com- Andreas Hugo Pareira, politisi yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan menyatakan, dirinya siap maju untuk bertarung dalam Pilkada Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2018.

“ Sebagai kader PDIP saya siap untuk maju dalam Pilkada Gubernur NTT tahun 2018. Tapi  menuju proses itu tentunya ada mekanisme partai yang harus kita lalui. Dan saya akan taat pada proses yang ada di partai,” ungkapnya kepada wartawan di Maumere, Kamis 23 Februari 2017.

Dijelaskannya, sebagai kader partai, dirinya memiliki hak politik yang sama dengan kader lain untuk maju. Namun demikian, sikap politik tersebut harus diuji dalam proses penjaringan yang dilakukan PDI Perjuangan pada bulan Juli 2017. Dari hasil penjaringan tersebut baru bisa diputuskan siapa yang diusung oleh DPP PDI Perjuangan.

Ditambahkannya, dalam melakukan penjaringan nanti, PDI Perjuangan akan sangat selektif dalam menentukan calon. Selain melihat dukungan sosial masyarakat yang ada, Fit and Proper Test juga harus dilalui oleh para bakal calon.

“ Kita akan lihat dukungan sosial masyarakat soal tingkat elektabilitasnya. Dan ini akan membuka peluang bagi siapa saja untuk bisa lolos dari PDI Perjuangan, baik itu kader partai maupun orang luar,” jelas Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Hubungan Luar Negeri ini.

Niat majunya Andreas Hugo Pareira dalam Pilgub NTT ini, semakin menyemarakan situasi politik yang ada. Sebab selain Pareira, kader PDI Perjuangan lainnya yang sudah nyatakan diri maju adalah Raymundus Fernandez, Bupati Timor Tengah Utara (TTU) dan Kristo Balsin.

Namun demikian, berdasarkan pengalaman dan sejarah PDI Perjuangan selama ini, partai ini selalu mengutamakan kader militan dan loyalis yang akan diusung dalam setiap hajatan politik. Kalau prediksi ini benar, maka peluang Daniel Tagu Dedo, yang bukan kader PDI Perjuangan untuk maju dalam Pilgub NTT sangat tipis, apabila harus berkomepetisi dengan kader loyalis partai pimpinan Megawati Soekarno Putri tersebut, kendati nama daniel Tagu Dedo sudah direkomendasikan dalam Rakerda PDI perjuangan NTT beberapa waktu lalu.

Laporan : Jhon Da Gomez

Comments
Loading...