Pemko Kupang Serahkan Sarana Perikanan Untuk Nelayan

0 58

Kupang, fokusnusatenggara.com / 5 Desember 2019
Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Perikanan Kota Kupang 4 Desember 2019 menyerahkan bantuan Sarana Perikanan kepada para nelayan. Bantuan tersebut diserahkan Wakil Walikota Kupang Herman Man berlangsung di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang.
Dalam sambutannya Wakil Walikota Kupang, Herma Man mengatakan penyerahan bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas nelayan.
“ Bantuan pemerintah ini saya harap dimanfaatkan dengan baik. Tujuannya sederhana agar hasil tangkapan banyak, jualannya lebih banyak, medapatkan rejeki yang tinggi. Kepada para nelayan saya harap menggunakan sarana bantuan ini dengan baik agar bermanfaat bagi semua dan umumnya bagi masyarakat Kota Kupang ,” kata Herman Man.
Lebih lanjut Herman Man menyebutkan bantuan kepada nelayan ini merupakan komitmen pemerintah untuk menjadikan laut sebagai garda terdepan. Selain untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan juga untuk menjaga sumber daya ikan agar tetap lestari dan berkelanjutan.

“ Nelayan sebagai salah satu faktor kunci dalam sektor kelautan dan perikanan. Namun kondisi nelayan di Indonesia umumnya dan khususnya di Kota Kupang masih belum dapat dikatakan sejahtera. Usaha nelayan ini sangat dipengaruhi oleh faktor alam. Hal ini mengakibatkan kontiniutas hasil produksi tidak terjamin, skala usaha nelayan kecil belum efisien dan memiliki produktifitas usaha yang rendah ,” jelas Herman Man.
Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang, Orson Nawa mengatakan saat ini seluruh masyarakat nelayan Kota Kupang telah memiliki identitas dan tanda pengenal berupa kartu KUSUKA (Kartu Usaha Di Bidang Kelautan dan Perikanan.

“ Bantuan sarana bidang perikanan tangkap ini merupakan wujud pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan nelayan dan peningkatan hasil produksi perikanan tangkap di Kota Kupang , ” kata Orson Nawa.
Selain itu jelas Orson Nawa. para nelayan Kota Kupang juga diberi kartu asuransi nelayan. “ Selain asuransi, para nelayan juga kami beri bantuan alokasi SEHAT (Sertifikasi Hak Atas Tanah Nelayan) khusus bagi mereka yang memiliki tanah tetapi belum bersertifikat. Dan tahun ini ada 100 bidang tanah milik nelayan yang mendapatkan alokasi SEHAT ini.
Bantuan kepada para nelayan ini secara simbolis diserahkan oleh Wakil Wali Kota Kupang Herman Man, didampingi Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang, Orson Nawa kepada para nelayan yang diwakili Yacob Adoe, Moses Wadu, Welem Bire, Husen Salmon, Dean Salomon, dan Bernadus Modok.


Reporter: Usif


Comments
Loading...