Jalur Ruteng – Iteng Putus Total Akibat Longsor

0 52

RUTENG,fokusnusatenggara.com- Hujan yang terus mengguyur wilayah Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT)  selama beberapa hari terakhir ini, menyebabkan ruas jalan dari Kota Ruteng menuju Iteng, Kecamatan Satar Mese putus total akibat longsor.

Terpantau media ini, ruas jalan penghubung antar kecamatan ini putus di kilometer 15, tepatnya di Desa Wae Mantar. Material longsoran seperti batu, kayu, pasir dan ranting pohon menimbun dan menutup ruas jalan sepanjang belasan meter. Selain badan jalan, beberapa unit tiang listrik juga ambruk, yang mengakibatkan pasokan listrik putus.

Menyikapi hal ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Manggarai langsung bergerak cepat. Dengan menggunakan peralatan berat, material longsor diangkut guna membersihkan badan jalan, agar akses transportasi kembali lancar.

“ Setelah dapat informasi, saya langsung perintahkan staf dengan peralatan yang kita punya untuk membuka akses kembali. Dan pagi ini kondisi sudah normal. Namun kita akan terus pantau, takutnya akan terjadi longsor lagi,” ungkap Marsel Berahi, Staf BPBD Manggarai di lokasi longsor, Jumat, 3 Februari 2017.

Akibat kondisi jalan yang putus, akses transportasi Iteng menuju Ruteng untuk sementara dialihkan melewati jalur Papang – Ngkaer- Jaong – Cumbi menuju Ruteng, dengan jarak tempuh yang lebih lama.

Laporan : Bert Mafera

Comments
Loading...