Di Sikka, 28 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

0 56

MAUMERE,fokusnusatenggara.com- Sebanyak 28 rumah Warga Di Dobo Nua Pu’u, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), rusak akibat diterjang angin puting beliung pada Rabu, 8 Februari 2017.

Alexander Saragih, warga Desa Dobo Nua Pu’u, kepada wartawan mengisahkan, peristiwa ini bermula dari cuaca ekstrim disertai angin kencang yang menerjang wilayah Kabupaten Sikka dari hari Selasa, 7 Februari 2017. Selain rumah, fasilitas PLN berupa tiang listrik, ikut rusak diterjang angin.

“ Angin kencang dari selasa. Dan kita tidak bisa prediksi, tiba tiba atap rumah warga sudah terbang dibawa angin. Beberapa tiang listrik juga roboh yang akibatkan pemadaman lampu hingga sekarang,” jelas Saragih.

Kejadian ini, lanjut Saragih, merupakan bencana terbesar selama ini. Akibantnya, saat ini warga yang rumahnya mengalami kerusakan, terpaksa harus ditampung di tetangga serta kerabat, sambil menunggu cuaca normal agar bisa memperbaiki kondisi rumah yang rusak.

 “ Kami minta kepada pemerintah agar segera turun tangan untuk membantu. Sebab saat ini, semua warga yang rumahnya rusak, sedang diungsikan ke tetangga sampai menunggu cuaca normal,” pintanya.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, Daeng Bakir menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan kerusakan, agar bisa diketahui angka pasti kerugian, untuk selanjutnya disalurkan bantuan. Sembari lakukan pendataan pihaknya juga membuka posko pengaduan bencana.

 “ Petugas kami sedang melakukan pendataan dan kami berharap dalam satu atau dua hari ke depan, data pasti kerusakan bisa segera diperoleh,” ungkapnya.

Laporan : Jhon Da Gomez

Comments
Loading...