Mengawali Era Baru di Losail

  • Bagikan

Tim-tim yang tak lagi termasuk kategori CRT (Claiming Rule Teams) ini punya kemungkinan jadi “duri dalam daging” jika Honda dan Yamaha tak waspada, karena mulai musim inilah bisa dibilang MotoGP memulai era barunya.

Tapi yang benar-benar belum bisa diprediksi di Losail nanti adalah performa Ducati. Tim yang menyatakan sudah memasuki tim kelas terbuka dan bahkan memunculkan kategori pabrikan 2 itu, belum bisa dikatakan konsisten walau beberapa kali, Cal Crutchlow tampil mengesankan di pramusim.

Baca Juga :  Kami Tidak Ingin Keluar Dari Babak 16 Besar

Belum lagi dengan serangkaian regulasi anyar, terutama soal pembatasan sesi tes khusus ban. Namun untuk urusan yang satu ini, kepala mekanik bidang pengembangan Bridgestone, Masao Azuma, sesi tes khusus ban di Phillip Island dan Losail lalu sudah cukup mumpuni buat Bridgestone, mendapatkan data dan informasi mengenai perbaikan ban yang lebih baik, terutama untuk seri pertama GP Qatar mendatang.

“Di tes pramusim terakhir di Qatar sudah sangat produktif. Baik Bridgestone maupun tim-tim sudah bisa mengoleksi banyak data, untuk kami olah lagi membuat ban yang terbaik di race pembuka,” timpal Azuma.

Baca Juga :  Jelang Laga Barcelona vs Atletico Madrid

“Cukup mengesankan melihat betapa cepatnya kecepatan (ban) selama tes, baik di lap single maupun simulasi balapan, apalagi trek (Losail) ini menawarkan gesekan grip yang lebih sedikit dibandingkan sirkuit lain. Secara keseluruhan, saya senang dengan spec-ban 2014 yang sangat cocok di sirkuit ini,” tambahnya.

Tapi apapun situasi para kontestan elite atau betapapun “ribetnya” aturan-aturan teknis baru seperti pembatasan pemakaian mesin yang lebih ketat maupun klasifikasi pembatasan bahan bakar menurut kelasnya (pabrikan, kelas terbuka), pastinya seri pertama musim 2014 ini sudah lama ditunggu banyak fans.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Polri, Polda NTT Gelar Kejuaraan Tenis Meja Kapolda Cup 2

Walau dominator tiga besar klasemen tentunya juga belum bisa diprediksi di race perdana ini, setidaknya soal performa sudah bisa digadang-gadang, tim mana yang punya pengembangan lebih baik sedari sesi latihan pertama Jumat nanti sampai sesi balap pada Minggu malam waktu setempat. (raw) sumber : okezone.com

  • Bagikan