Mengawali Era Baru di Losail

0 59

motoOkezone.com-Serangkaian tes pramusim sudah rampung dilangsungkan. Joki-joki kuda besi MotoGP mulai tak sabar menjajal kualitas masing-masing di event resmi di Losail, Qatar, yang tentunya seraya membuka tirai musim ini di akhir pekan, 23 Maret mendatang.

Yang pasti, di Losail nanti juga akan jadi ajang pertama sang juara baru, Marc Márquez, mempertahankan gelarnya untuk kali pertama. Beberapa hasil tes pramusim, sontak membangkitkan
kembali status favorit terhadapnya.

“Tapi ada tapinya”. Usai menjalani sesi tes Sepang pertama, Márquez malah mengalami cedera setelah kecelakaan latihan dirt-bike. Sesi tes Sepang dan tes ban di Phillip Island pun terpaksa dilewatkannya. Namun rider muda Repsol Honda ini tak panik dan bahkan memilih bersabar dengan pemulihan cederanya.

“Sebenarnya saya memilih pergi ke Qatar dengan persiapan penuh setelah pramusim yang normal, namun beginilah situasinya. Saya harus bersabar, terutama di sesi latihan pertama (Jumat), apalagi sudah hampir sebulan lebih saya tak mengendarai motor,” ujar Márquez beberapa waktu lalu.

Márquez tak sendirian. Debutan Yamaha Tech3, Pol Espargaró juga masih dalam tahap rehabilitasi tulang selangka, usai kecelakaan pada tes balapan malam pekan lalu. Andai kedua joki Spanyol ini belum bisa maksimal, baik Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan tentunya si gaek Valentino Rossi bisa-bisa curi banyak poin lebih dulu.

Melihat performa Pedrosa dan Lorenzo di pramusim, keduanya lumayan konsisten. Tapi Rossi-lah yang sejatinya malah menampakkan peningkatan pesat pada performanya ketimbang musim lalu. Musim ini juga jadi musim analisa pamungkas Rossi guna selanjutnya memutuskan, apakah bakal terus mengaspal atau pensiun di 2015.

Di Losail juga tak semestinya tim-tim pabrikan mapan tutup mata terhadap potensi tim-tim kelas terbuka dan tim-tim yang dipasok mesin lisensi Yamaha dan Honda seperti NGM Forward dan Drive Aspar.

Tim-tim yang tak lagi termasuk kategori CRT (Claiming Rule Teams) ini punya kemungkinan jadi “duri dalam daging” jika Honda dan Yamaha tak waspada, karena mulai musim inilah bisa dibilang MotoGP memulai era barunya.

Tapi yang benar-benar belum bisa diprediksi di Losail nanti adalah performa Ducati. Tim yang menyatakan sudah memasuki tim kelas terbuka dan bahkan memunculkan kategori pabrikan 2 itu, belum bisa dikatakan konsisten walau beberapa kali, Cal Crutchlow tampil mengesankan di pramusim.

Belum lagi dengan serangkaian regulasi anyar, terutama soal pembatasan sesi tes khusus ban. Namun untuk urusan yang satu ini, kepala mekanik bidang pengembangan Bridgestone, Masao Azuma, sesi tes khusus ban di Phillip Island dan Losail lalu sudah cukup mumpuni buat Bridgestone, mendapatkan data dan informasi mengenai perbaikan ban yang lebih baik, terutama untuk seri pertama GP Qatar mendatang.

“Di tes pramusim terakhir di Qatar sudah sangat produktif. Baik Bridgestone maupun tim-tim sudah bisa mengoleksi banyak data, untuk kami olah lagi membuat ban yang terbaik di race pembuka,” timpal Azuma.

“Cukup mengesankan melihat betapa cepatnya kecepatan (ban) selama tes, baik di lap single maupun simulasi balapan, apalagi trek (Losail) ini menawarkan gesekan grip yang lebih sedikit dibandingkan sirkuit lain. Secara keseluruhan, saya senang dengan spec-ban 2014 yang sangat cocok di sirkuit ini,” tambahnya.

Tapi apapun situasi para kontestan elite atau betapapun “ribetnya” aturan-aturan teknis baru seperti pembatasan pemakaian mesin yang lebih ketat maupun klasifikasi pembatasan bahan bakar menurut kelasnya (pabrikan, kelas terbuka), pastinya seri pertama musim 2014 ini sudah lama ditunggu banyak fans.

Walau dominator tiga besar klasemen tentunya juga belum bisa diprediksi di race perdana ini, setidaknya soal performa sudah bisa digadang-gadang, tim mana yang punya pengembangan lebih baik sedari sesi latihan pertama Jumat nanti sampai sesi balap pada Minggu malam waktu setempat. (raw) sumber : okezone.com

Comments
Loading...