Robinson Sinaga : Musisi NTT Wajib Daftarkan Karya Cipta Melalui LMK

Robinson Sinaga : Musisi NTT Wajib Daftarkan Karya Cipta Melalui LMK

- in Entertainment
2216
0
Loading...

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Robinson Sinaga, Direktur Eksekutif Badan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) meminta, agar para musisi yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT), wajib untuk daftarkan karya ciptanya, baik itu lagu maupun karya musik kepada pemerintah melalui Lembaga Manejemen Kolektif (LMK), Badan Ekonomi Kreatif (Be Kraf) Nasional.

P_20160826_102702“ Saya harap para musisi NTT untuk segera daftarkan ke pemerintah melalui LMK Be Kfar, agar dapat diproses sehingga bisa dikeluarkan sertifikat hak cipta dan royalty,” pintanya, saat membuka kegiatan Sosialisasi Lembaga Manejemen Kolektif (LMK) bagi para pencipta lagu, musik dan para pemilik hak terkait, yang dilaksanakan oleh Be Kraf Nasional, di Swiss Belinn Kristal Hotel, Jumat, 26 Agustus 2016.

Namun demikian, tandas Sinaga, proses pendaftaran untuk mendapatkan hak cipta dan royalty tidak mudah. Pasalnya, para pemilik hak cipta wajib terdata dalam LMK. Sedangkan LMK sendiri di Indonesia terdapat dua badan, dimana badan tersebut mengurus soal hak pencipta dan badan lainnya mengurus soal pennyanyi dan hak terkait.

“ Setelah didaftarkan, akan dilakukan verifikasi oleh LMK melalui kedua badan tersebut. Baik itu pencipta maupun penyanyi dan hak terkait. Diluar dari kedua badan tersebut tidak diakui pemerintah melalui keputusan Menkumham RI,” jelasnya.

Sinaga berharap, dalam kegiatan ini para musisi NTT bisa langsung daftarkan hak ciptanya. Sebab selain melakukan kegiatan sosialisai, pihak LMK Be Kraf juga menerima pendaftaran  bagi para musisi secara langsung, untuk selanjutnya diproses melalui verifikasi. ( fatur)

Loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *