Videonya Viral, Pemkab Malaka Akan Periksa Dokter YTHK

0 2.939

BETUN,fokusnusatenggara.com- Jumat, 1 Mei 2020, dunia jagat maya dihebohkan dengan aksi Yulianti Theresia Hale Kehik (YTHK), oknum dokter yang bertugas di Puskesmas Seon, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang menolak untuk diperiksa kendaraanya, di Pos Perlintasan Teun, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.

Dalam Video yang berdurasi 18 menit 57 detik tersebut, YTHK menolak mobilnya untuk disemptot cairan disinfektan oeh petugas perlintasan, dengan alasan dirinya adalah seorang dokter dan paham benar soal standar pengamanan dan pencegahan Covid-19.

Bahkan dalam video tersebut juga, YTHK sempat adu argument dengan oknum polisi yang bertugas.

“ Ya kalau saya punya mobil tidak boleh disemprot, sebab sebelum saya jalan saya sudah bersihkan, dan saya punya alat sendiri,” debat YTHK, pada detik 00.11 – 0016 dengan petugas seperti yang terekam dalam video tersebut.

Menanggapi hal ini, Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan, dirinya telah menginstruksikan kepada Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Malaka, untuk memanggil dan memeriksa dr. YTHK, yang berstatus dokter PTT (Pegawai Tidak Tetap) di Puskesmas Seon. Bahkan menurut Bupati Bria Seran,  dirinya tidak main-main dalam menjalankan tugasnya untuk melindungi rakyat dan daerah ini dari ancaman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Saya sudah katakan bahwa para pegawai, baik yang Aparatur Sipil Negara maupun Kontrak harus menjadi contoh dalam menjalankan himbauan pemerintah terkait upaya pencegahan penyebaran infeksi Covid-19. Apalagi ini seorang dokter, yang harusnya paham protokol Covid-19. Karena itu, saya sudah minta Inspektur dan Kepala Dinas Kesehatan untuk panggil dan periksa yang bersangkutan,” ungkap Bupati Malaka, seperti yang dilansir dari nusantara9.com.

Duitambahkannya, terkait sanksi yang bakal diterima dokter YTHK, akan disesuaikan nanti dengan hasil pemeriksaan. “Kita lihat hasil pemeriksaan nanti, baru ditentukan sanksi apa yang akan diberikan kepada yang bersangkutan,” tambahnya.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, Paskalia Frida Fahik yang dikonfirmasi melalui Kepala Puskesmas Seon, Giovani Anderson Seran, seperti dikutip dari nusantara9.com,  membenarkan jika wanita muda yang mengaku sebagai dokter dalam Video tersebut adalah seorang dokter PTT yang sedang bertugas di Puskesmas Seon.

“Betul, itu dokter Juliyanti Theresia Halek Kehik, dokter PTT di Puskesmas Seon. Saat kejadian, beliau sedang dalam perjalanan ke Atambua”, jelasnya (*/joGer/fokusnusatenggara.com)

Comments
Loading...