Ketika Parang Dan Sapu Lidi Jadi “Senjata” Jurnalis Malaka

0 190

BETUN,fokusnusatenggara.com– Jumat, 5 Juni 2020, ada suasana yang beda dari biasanya. Kalau saban hari, Jurnalis Desk Pemerintah Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, selalu sibuk dengan tugas reportase, tapi tidak dengan pagi hari ini.

Pagi tadi, belasan jurnalis yang kerap meliput berita dengan stelan lengkap, ditambah peralatan rekam audio visual yang siap digunakan untuk memburu nara sumber, tidak nampak pagi tadi. Datang ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Malaka, dengan membawa parang dan sapu lidi, tentu menjadi pemandangan yang aneh bagi masyarakat yang kenal pesis aktivitas “kuli tinta” saban hari.

Ternyata pagi tadi, para jurnalis tersebut bersama seluruh staf di Dinas Kominfo Malaka, melakukan kerja Bhakti “Jumat Bersih”. Selain sebagai mitra dalam menyebarkan informasi ke publik, kebetulan letak Kantor Media Center Kabupaten Malaka, berada persis di samping Kantor Dinas Kominfo sehingga memudahkan koordinasi untuk kegiatan pagi tadi.

Paulus Edy Sumantri, salah seorang rekan seprofesi mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap minggu. Selain memberi contoh pola hidup sehat kepada masyarakat, lingkungan yang bersih dan asri akan memberikan kenyamanan bagi para jurnalis saat mengolah tulisan menjadi produk jurnalistik.

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap minggu. Selain letak media ceter dengan kantor Kominfo yang bersebelahan, kami juga sebagai masyarakat yang kebetulan berprofesi sebagai wartawan memiliki tanggung jawab moril untuk menjaga lingkungan kerja tetap bersih dan sehat,” ungkap wartawan libasmalaka.com ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malaka, Brinsyna Elfrida Klau mengatakan, hidup bersih harus menjadi pola hidup setiap masyarakat di Malaka yakni dengan membersihkan lingkungan baik di rumah maupun di kantor. Bahkan menurut mantan Kabag Humas ini, Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran, dalam setiap kesempatan selalu mengatakan agar seluruh masyarakat mengutamakan pola hidup yang bersih dan sehat.

“Bupati Malaka selalu menekankan pentingnya kebersihan bagi diri, keluarga dan lingkungan, sehingga dicanangkan Jumat Bersih di setiap perkantoran hingga desa-desa, dan kegiatan itu masih terus berjalan sampai saat ini. Dan Kami bersama para jurnalis di Malaka pun setiap Jumat melaksanakan kegiatan pembersihan,” ujarnya.

Kegiatan pagi ini memang sangat baik, sebagai bentuk aksi nyata serta memberikan edukasi kepada masyarakat Malaka, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi, kondisi saat ini seluruh wilayah di Indonesia sedang gencar melakukan perang terhadap Virus Corona atau Covid-19. Selain perang melawan sampah, dengan adanya lingkungan yang bersih, kita ikut “berperang” melawan Corona. (fatur)

Comments
Loading...