Wartawan di Kabupaten Sikka Akan Jalani Rapid Test

0 2.446

Sikka, fokusnusatenggara.com / 19 Maret 2020
Sebanyak 25 wartawan dari berbagai media yang bertugas di Kabupaten Sikka, NTT akan menjalani Rapid Test untuk Corona Covid -19. Masalahnya dalam tugas liputan mereka sering bersentuhan dengan masyarakat baik, ODP, PDP dan lainnya.

“ Kami sudah menjadwalkan 25 wartawan di Kabupaten Sikka menjalani Rapid Test. Ini karena saat tugas liputan mereka sering berhubungan langsung dengan nara sumber berita Covid -19 dan warga yang ODP, OTG, PDP bahkan yang positif Covid -19 ,” kata Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus kepada Gatra.Com pertelepon ( 19/4), malam ini.
Pemeriksaan Rapid test kepada wartawan ini jelas Petrus Herlemus, selain karena tugas liputan jelas Petrus Herlemus, pihaknya dalam hal ini Satgas Gugus tugas Covid -19 juga melibat wartawan sebagai relawan.

“ Selain karena tugas liputan mereka yang berhubungan langsung dengan nara sumber seperti ODP, OTG, PDP, mereka para wartawan itu juga mitra kami. Karena itu mereka juga dalam satgas gugus tugas, kami libatkan mereka sebagai relawan untuk bisa membantu Gugus tugas ,” jelas Petrus Herlemus.

Menjawab pertanyaan fokusnusatenggara.com bahwa pemeriksaan Rapid test ini karena desakan pihak DPRD Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus membantah.
“ Jadi kami melakukan pemeriksaan Rapid Test kepada teman –teman wartawan ini memang sudah dalam perencanaan. Jadi bukan karena desakan DPRD setempat. Karena sebelum mereka minta, kami sudah menjadwalkan untuk pemeriksaan terhadap teman –teman journalist ini ,” tandas Petrus Herlemus.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Sikka, Yoseph Karmianto Eri meminta kepada Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Sikka untuk melakukan rapid test kepada seluruh wartawan yang bertugas di Kabupaten Sikka.

“ Saya minta Satgas gugus tugas Covid -19 juga memeriksa rapid test teman –teman wartawan. Ini karena tugas wartawan termasuk kelompok profesi yang beresiko tinggi selama masa penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sikka ,” kata Yoseph Karmianto Eri.
Dia menyatakan, selama masa penanggulangan covid-19 ini, wartawan di Kabupaten Sikka telah menyajikan informasi yang penting untuk masyarakat.

Untuk bisa menyajikan informasi itu, wartawan juga sering berada di tempat tempat yang rawan meski dengan Alat Perlindungan Diri (APD) seadanya.

“Saya mengapresiasi teman teman wartawan. Dengan mobilitas tinggi dan kadang berada di titik titik yang cukup rawan meski dengan APD seadanya demi mengejar berita. Maka itu saya minta agar teman teman wartawan juga bisa mendapatkan rapid test,” jelas Yoseph Karmianto Eri.

Comments
Loading...