Walikota Kupang Terima Vaksin Covid-19

51

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Walikota Kupang, Provinsi NTT, Jefri Riwu Kore, Jumat, 15 Januari 2021, jalani proses Vaksin Covid-19. Peristiwa ini, sebagai opening dari proses vaksin massal tahap satu termin pertama, dengan tagline “ Vaksin Covid-19 Aman dan Halal”, bagi masyarakat Kota Kupang.

Selain Walikota Kupang, ikut serta divaksin perdana hari ini antara lain, Wakil Walikota Kupang, Herman Man, Sekda Kota Kupang, Fahrensy Funay, jajaran Forkompimda Kota Kupang, perwakilan tenaga medis, perwakilan pemuda serta para pejabat teras Pemkot Kota Kupang.

Usai Vaksin, Riwu Kore mengatakan, proses vaksin Covid-19, saat ini banyak menuai pro dan kontra dalam masyarakat. Namn demikian, Presiden Jokowi sendiri telah menjamin, dengan menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksin pada Rabu, 13 Januari 2021 lalu di Istana Negara dan disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui siaran langsung media-media nasional.

” Bapak ibu yang menerima vaksin perdana hari ini merupakan show windows di Kota Kupang agar menjadi contoh bagi masyarakat terutama mereka yang masih meragukan vaksin ini. Dengan bersedianya Bapak Ibu telah turut membantu dalam penanggulangan Covid-19 di Indonesia khususnya di Kota Kupang. Selain itu negara sudah menjamin keamanan dan kesucian vaksin ini karena sudah bersertifikat halal oleh MUI dan jaminan aman oleh Kemenkes apalagi BPOM sendiri telah mengeluarkan hasil uji efikasi tahap 3 vaksin sebesar 65,3 persen,” jelas Wawali.

Sementara itu, Herman Man, Wakil Walikota Kupang mengatakan, bahwa per hari ini Kota Kupang telah mencatat 1.290 kasus positif Covid-19, dengan tingkat kesembuhan paling rendah se-NTT yaitu sebanyak 485 orang. Sedangkan jumlah penderita meninggal 43 orang. Saat ini, katanya, ada 762 pasien yang melakukan isolasi mandiri.

Menurut laporan panitia yang dibacakan Kabid Pelayanan Medis RS S. K. Lerik, dr Ikhsan, distribusi vaksin di Kota Kupang dari Gudang Farmasi Dinkes Kota Kupang ke lokasi vaksinasi telah memenuhi SOP distribusi vaksin Covid-19. Vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac dosis tunggal. Mereka yang divaksin adalah sasaran vaksin yang menerima sms blast sesuai daftar nama yang diajukan Subdit Imunisasi Kemenkes RI, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) berjumlah 10 dari unsur Forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (*fatur)

 

 

Comments
Loading...