Walikota Kupang Bantu 107 Penyandang Disabilitas

0 62

KUPANG, fokusnusatenggara.com / 22 Juni 2019
Untuk memenuhi kebutuhan para penyandang disabilitas sangat dibutuhkan payung hukum. Salah satu upaya yang sementara dilakukan adalah dengan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pemenuhan hak penyandang disabilitas yang akan diserahkan ke DPRD untuk dibahas.
“ Para penyandang disabilitas itu adalah saudara, keluarga kita juga. Mereka sama kedudukannya dengan kita. Karena itu butuh sentuhan kepedulian semua pihak. Karena itu kami sementara memproses Ranperda untuk para penyandang distabiltas ini ,” kata Walikota Kupang Jefry Riwu Kore ketika menyerahkan bantuan kepada 107 penyandang distabiltas ( 20/6).

Dia menyebutkan tujuan pemerintah memproses Perda tentang disabilitas ini agar bisa memenuhi semua kebutuhan disabilitas. Misalnya akses ke berbagai tempat publik, Sekolah, Puskesmas, Rumah Sakit, Bank, dan akses lainnya.

“ Perda untuk para kaum penyandang distabilitas ini sangat penting. Jika sudah disahkan DPRD tentunya kami dari Pemko Kupang akan leluasa berupaya membantu, mengakomodir kebutuhan mereka melalui APBD ,” jelas Jefry Riwu Kore.
Karena itu mantan anggota Komisi IX DPR RI ini meminta kepada pihak-pihak terkait, stakeholder lain agar turut membantu pemerintah dalam upaya membantu penyandang disabilitas, karena mereka merupakan bagian dari Kota Kupang.

“Saya mau agar ke depan, alokasi anggaran bantuan bagi penyandang disabilitas ini bisa ditingkatkan. Kita akan usulkan nanti dan membahasnya bersama dengan teman-teman di DPRD. Tentunya semuanya diatur sesuai kondisi kemampuan APBD kita ,” terangnya.
Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, drg. Retnowati mengatakan, maksud dan tujuan dari kegiatan sosial ini adalah untuk memberikan bantuan berupa alat bantu mobilitas bagi penyandang disabilitas sesuai dengan jenis kebutuhannya.
Selain itu, lanjut Retnowati, bantuan ini juga untuk meningkatkan sarana aksesibilitas bagi penyandang disabilitas fisik melalui pemberian alat bantu berupa, kursi roda dewasa, kursi rosa anak, kursi roda multi guna, kruk ketiak, tongkat cakar.

Bantuan ini terinci Kursi Roda Biasa atau Dewasa sebanyak 27 Unit, Kursi Roda Anak sebanyak 5 Unit, Kursi Roda Multiguna sebanyak 5 Unit, Alat Bantu Dengar sebanyak 50 Unit, Tongkat Kaki Empat (Cakar) sebanyak 10 Unit, Kruk Ketiak sebanyak 5 Unit dan Tongkat Netra sebanyak 5 Unit.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Kupang – Ir. Elvianus Wairata, M.Si , Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang – Ir. Thomas Jansen Ga, MM, Para Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah Kota Kupang, Para Camat dan Lurah se-Kota Kupang.( Agung).

Comments
Loading...