Tahun 2022 Kali Dendeng Siap Beroperasi

24

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Tahun 2022 Kali Dendeng di Kelurahan Fontein, Kecamatan Kota Raja, siap beroperasi. Kepastian ini menyusul progres Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang saat ini sudah berada di angka 25 persen.

“Mohon dukungan dari semua pihak agar pembangunan ini cepat selesai dan bisa realisasi tahun depan,” ungkap Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore, saat mengunjungi Kali Dendeng dan meninjau pembangunan Reservoir di Kelurahan Manutapen dan Penkase, Rabu, 9 Juni 2021.

Jeriko demikian sapaan akrab Walikota Kupang ini, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah menjawab dan melaksanakan pembangunan IPA Kali Dendeng yang juga paketan langsung dengan sistem pengelolaan airnya, menurut mantan anggota DPR RI dua periode ini, proyek tersebut adalah bagian dari menjawab jeritan warga Kota Kupang.

Jeriko melanjutkan bahwa SPAM Kali Dendeng dibangun dengan anggaran pemerintah pusat dengan kapasitas air untuk tahap I 150 liter per detik dengan dana Rp. 189 miliar.

“Proyek ini terjawab karena kita selalu bertemu Pak Jokowi dan selalu menyampaikan kebutuhan utama masyarakat Kota Kupang adalah air bersih, ini adalah hasil dari koordinasi kami ke pemerintah pusat, saya selalu menyampaikan ini dalam berbagai kesempatan ketika bertemu Bapak Presiden,” ucapnya.

Sementara itu, KPA Proyek SPAM Kali Dendeng yang juga PPK Air Minum Wilayah I, Yasinta Mbake yang ikut dalam kunjungan tersebut menegaskan, progres pembangunan IPA dan SPAM Kali Dendeng sudah mencapai 25%.

Bahkan menurutnya, SPAM Kali Dendeng paling cepat akan beroperasi tahun 2022 nanti. ” Paling cepat tahun depan akan beroperasi,” tegasnya.

Yasinta juga menambahkan, dari kontrak kerja yang disepakati bersama antar Pemerintah RI dan pihak ketiga yakni PT. Nindya Tirta, maka pekerjaan SPAM Kali Dendeng ini akan diselesaikan pada 26 Desember 2021 nanti.+++

Comments
Loading...