PT. Bumi Flores Indah Didemo Warga Oesapa

0 57
Aksi Demo Masyarakat Oesapa, Kupang-NTT di Galangan Kapal Milik PT. Bumi Flores Indah (Sumber : seputarntt.com)
Aksi Demo Masyarakat Oesapa, Kupang-NTT di Galangan Kapal Milik PT. Bumi Flores Indah (Sumber : seputarntt.com)

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Puluhan warga RT.08/ RW. 03 Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang-NTT, menggelar aksi demo menuntut Pabrik Galangan Kapal milik PT. Bumi Flores Indah untuk menghentikan aktifitasnya.

“Kami menuntut aktifitas pabrik kapal fiber ini segera menghentikan aktifitasnya,” kata Ketua RT 08, RW 03 Keluarahan Oesapa Barat, Yakob Bengu saat berorasi dilokasi pembuatan galangan kapal fiber tersebut, Rabu (18/2/2015).

Menurutnya, sejak beroperasinya galangan kapal tersebut, masyarakat sekitar mengalami gangguan kesehatan seperti sesak napas, batuk, dan gatal-gatal.

“Dulu sudah sempat ditutup atas rekomendasi DPRD Kota, tapi sekarang mulai beroperasi lagi,” katanya.

Diakuinya, persoalan polusi dari limbah pabrik ini sudah disamapikan berulangkali oleh masyarakat ke Pemerintah Kota Kupang. Namun pengeluhan masyarakat tidak pernah digubris oleh Pemerintah Kota.

Sementara salah satu tokoh masyarakat setempat, Yakob Modok mengatakan, kehadiran pabrik kapal fiber diwilayah Oesapa Barat telah menimbulkan keresahan bagi warga sekitar. Bahkan ternak peliaharaan masyarakat ikut mati akibat limbah dari aktifitas tersebut.

“Bukan hanya manusia yang terkena imbas, tapi ternak kami juga banyak yang mati akibat polusi dari pabrik,” ujarnya.

Lurah Oesapa Barat, Vera Suek  yang hadir pada kesempatan itu mengaku, protes warga sudah terjadi sejak tahun 2009.  Bahkan dirinya juga sudah bersurat ke Pemkot Kupang tetapi belum ada respon.

“ Saya sudah bersurat ke Badan Lingkungan hidup dan POL PP untuk merespon dan menutup segera aktifitas di galangan kapal yang sudah membuat resah masyarakat. Namun laporan serta surat saya tidak direspon sama sekali,” jelasnya. (++ed)

 

Comments
Loading...