Program BKS Kurang Efektif

0 68

RSKUPANG,fokusnusatenggara.com- Program Brigadir Kupang Sehat (BKS) yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dinilai tidak efektif.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Kupang, NTT, atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Kupang-NTT, Zetyo Ratuarat kepada wartawan siang tadi.

Menurutnya, program BKS ini terkesan dibuat tanpa adanya perencanaan yang matang, sehinga banyak terjadi tumpang tindih dalam pengelolaan. Dia mencontohkan, hal yang sangat menonjol adalah tidak ada pemisahan peran dan fungsi antara BKS dengan pelayanan UGD di RSU S.K Lerik Kota Kupang, serta Puskesmas terkait.

“ Sangat tidak efektif. Bagaimana bisa tidak ada pemisahan fungsi, serta pengelolaan. Belum lagi soal ketersediaan obat dan fasilitas pendukung,” tegasnya.

Dirinya meminta agar pikak eksekutif untuk melakukan evaluasi ulang akan hal ini, agar merumuskan formula yang tepat dalam pekaksanaan program ini. Sebab pihak DPRD menurutnya sejak awal sangat merespon dan mendukung baik akan hal ini.

Sementara itu, Pansus DPR Kota Kupang-NTT dalam jumpa pers siang tadi, merekomendasikan 6 hal starategis guna menjadi catatan penting bagi rumusan kebijakan pemerintah Kota Kupang-NTT kedepan.

Rekomendasi yang dikeluarkan Pansus siang tadi antaranya, rekomendasi terhadap penanggulangan kemiskinan dan pengurangan pengangguran, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan pelayanan publik dan penegakan supermasi hukum, peningkatan kualitas infrastruktur dan penataan ruang, peningkatan kesejahteraan sosial dan keadilan gender, serta rekomendasi pendapatan asli daerah dan pembiayaan daerah. (++ed)

Comments
Loading...