Presiden Jokowi : Kunci Persoalan di NTT Adalah Air

0 66

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Presiden RI, Joko Widodo menegasan, kunci persoalan  pembangunan di Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah air. Kurangnya ketersediaan sumber air bagi masyarakat NTT, dinilai Jokowi sebagi faktor penghambat laju pembangunan masyarakat dan infrastruktur di NTT.

IMG_2915“ Saya sudah amati dan liat sendiri, NTT ini masalahnya hanya ketersediaan air. Dan ini akan menjadi perhatian serius pemerintah pusat,” jelas Presiden Jokowi, pada saat menyampaikan pidato di acara perayaan Natal Nasional, Senin 28 Desember 2015 di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT.

Ketersediaan air menurut Jokowi, sebagai faktor penghambat dalam pambangunan sektor pertanian, peternakan, ekonomi, kesehatan dan infrastruktur di NTT. “ Bagaimana mau kembangkan ternak di NTT, apabila airnya kurang?,” ungkap Jokowi.

Untuk itu menurut Jokowi, pemerintah pusat akan fokus pada pembangunan sumber daya air di NTT. perhatian pemerintah pusat ini, sudah dibuktikan dengan dibangunnya 2 dari 7 bendungan di NTT. Dua bendungan yang sudah dibangun antara lain, Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang dan bendungan Rotiklot di kabupaten Belu.

Sedangkan untuk bendungan sisanya menurut Jokowi, akan dibangun pada tahun 2016. Bendungan yang akan dibangun antaranya, Bendungan Napugete di Sikka, Bendungan Lambo di Nagekeo, Bendukan Manikin di Kabupaten Kupang, Bendungan Temef di TTS dan Bendungan Kolhua di Kota Kupang. (fatur)

Comments
Loading...