PKK Kota Kupang Gelar Pelatihan PAUD

10

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi Guru PAUD tentang pengelolaan PAUD Holistik Integratif (PAUD H-I), Tim Penggerak PKK Kota Kupang menggelar Pelatihan Kapasitas Guru PAUD Holistik Integratif Percontohan di Kota Kupang, Selasa, 20 Oktober 2020.

Kegiatan yang digelar kepada 20 perserta ini, menitik beratkan pada Kebijakan yang menekankan bahwa setiap anak harus mendapatkan pelayanan kesehatan, gizi, perawatan, perlindungan, rangsangan pendidikan secara berkesinambungan sejak janin sampai usia 6 tahun dengan sistem pelayanan menyeluruh dan terintegrasi.

Selama ini di lingkungan masyarakat dikenal berbagai layanan kebutuhan anak seperti Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Bina Keluarga Balita (BKB), Tempat Penitipan Anak (TPA), Pos PAUD, Kelompok Bermain (KOBER) dan lain sebagainya yang penyelenggaraan pelayanannya bagi anak usia dini tersebut masih bersifat sektoral, parsial dan belum terintegrasi dengan baik.

Wakil Wali Kota saat membuka kegiatan pelatihan menjelaskan bahwa harapan terbesar dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu adanya tumbuh-kembang anak dengan baik.

“Anak-anak di Kota Kupang dapat bertumbuh dengan baik menjadi anak-anak generasi yang bagus, generasi yang tumbuh kembangnya menurut alamnya,” ucapnya.

Selain pelatihan kapasitas Guru PAUD H-I Percontohan, TP PKK khususnya Pokja II juga menggelar rangkaian kegiatan terkait penerapan layanan PAUD H-I di Kota Kupang. Kegiatan tersebut diantaranya gelaran rapat koordinasi lintas sektor terdiri dari TP PKK Kota Kupang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Kependudukan, Bappeda, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, HIMPAUDI Kota Kupang dan Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kana Indonesia (GOPTKI).

Melalui rangkaian kegiatan tersebut diharapkan segera terbentuk regulasi daerah yang mengatur pelaksanaan PAUD HI, termasuk terbentuknya Gugus Tugas PAUD HI di Kota Kupang. (humas)

Comments
Loading...