Luncurkan Program ARTIS Untuk Mempercepat Pelayanan

0 79

KUPANG, fokusnusatenggara.com / 4 Juni 2019

Untuk memberikan kemudahan dan pelayanan extra kepada masyarakat kota Kupang terkait dokumen admistrasi kependudukan ( Adminduk ) , dalam waktu dekat ini Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang akan melaksanakan program Antar Gratis ( ARTIS ) kepada warga masyarakat.

“ Kami lagi merancang untuk program ARTIS ini. Sehabis liburan hari raya lebaran, kami mulai mengatur ini untuk memproses program ARTIS ini. Dengan program ini kami harapkan masyarakat tidak harus datang antre di kantor atau menunggu terlalu lama ,” kata PLT. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dispendukcapil ) Kota Kupang Drs. Agus Ririmase, AP, MSI kepada fokusnusatenggara.com ( 4/6).

Dia mengatakan program ARTIS ini adalah sebagai bentuk pelayanan yang extra, jemput bola bagi pelayanan Administrasi Kependudukan berupa KTP elektronik dan lainnya kepada masyarakat Kota Kupang.

“ Selama ini Dispendukcapil selalu diprotes, diomel karena pelayanan yang tidak memadai. Namun sejak tahun 2019 ini sudah ada perubahan karena banyak terobosan –terobosan yang kami buat. Kamai jemput bola melayani masyarakat ditempat. Antaranya di markas Brimob dan beberapa lokasi lain ,” jelas Drs. Agus Ririmase, AP, MSI.

Menyangkut program ARTIS ini jelas Drs. Agus Ririmase, AP, MSI pihaknya sangat optimis akan sukses. “ Saya sangat optimis sangat sukses. Karena sistem dan Jaringan sudah tertata secara baik. SDM pegawai Disdukcapil sudah memadai, karena sebagian besar sudah mengikuti Pelatihan maupun Bimtek di tingkat Propinsi dan Pusat ,” kata Drs. Agus Ririmase, AP, MSI.

Dia menyebutkan Dinas Dukcapil juga sudah banyak melakukan pembenahan pembenahan terkait dengan pelayanan administrasi kependudukan berupa jemput Bola di masyarakat. “ Jadi selain jemput bola dilapangan mencetak E-KTP, Akta kelahiran dan lainnya, saat ini kami sudah memproses, mencetak Kartu Identitas Anak ( KIA) di Kota kupang untuk Anak anak usia 0-16 tahun ,” pungkas Drs. Agus Ririmase, AP, MSI.
[sc name=”BACA”]

Karena itu kata Drs. Agus Ririmase, AP, MSI kedepan diharapkan tidak ada lagi keluhan lagi dan protes ke Pak Walikota atau melalui DPR soal kinerja di Dispendukcapil kota Kupang ini. Karena tidak akan ada hambatan lagi dalam pelayanan admistrasi kependudukan sepanjang jaringan dari Pusat tdk terganggu..

“ Kami akan berusaha terus menerus untuk membenahi sistem pelayanan sehingga pelayanan dengan baik agar masyarakat bisa terlayani dengan cepat. Karena itu saya menghimbau kepada masyarakat yang mau urus dokumen, Adminduk berupa KTP el maupun lainnya di Disdukcapil kota kupang, langsung datang jangan melalui calo ,” tegas dia.

Secara teknis untuk melayani seorang sampai tuntas memakan waktu 5 – 10 menit. Sehari rata –rata melayani 200 – 300 orang yang memproses adminduk. “ Ini kalau tidak ada kendala teknis seperti jaringan terganggu, lagi eror. Kalau demikian saya harap masyarakat memahami. Karena maunya kami di kantor ,” harap Drs. Agus Ririmase, AP, MSI.

Dia mengapresiasi Walikota Kupang yang selalu memantau langsung pelayanan KTP el dan lainnya di Dispenduk Kota Kupang. “ Karena itu saya harapkan kalau menemui kendala jangan ribut di medsos atau lapor Walikota dan DPRD. Silahkan saja datang menghadap saya. Karena yang bisa mengatasi persoalan KTP el , KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian , Suket & SKPWNI hanya adalah kami – kami Disdukcapil ,” katanya.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat jelas dia saat ini sudah menerapkan Tanda Tangan Elektronik( TTE ), sehingga pelayanan lebih cepat lagi. “Jadi walaupun Kadis tidak berada di tempat pelayanan tetap berjalan seperi biasa karena Dokumen Kependudukan ditantadatangi melalui IPAD dan langsung bisa diambil oleh masyarakat di Loket Pelayanan Dispendukcapil , pungkas Drs. Agus…(usif)

Comments
Loading...