Limbah Pembuatan Kapal Resahkan Warga

0 67
Lokasi Pembuatan Kapal Milik PT. Flores Indah yang ditolak warga. (foto : Allya)
Lokasi Pembuatan Kapal Milik PT. Flores Indah yang ditolak warga- (foto : Allya)

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Limbah pembuatan kapal milik PT. Flores Indah resahkan Warga RT 08, RW 03 Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang-NTT. Mereka berencana adukan soal ini ke DRPD Kota Kupang.

Ini bukan kali pertama warga mengeluhkan soal ini. tahun 2013 mereka pernah adukan persoalan ini ke oleh DPRD Kota. Oleh DPRD dan pemerintah sudah sempat menghentikan pembuatan kapal oleh PT. Flores Bangkit. Namun tahun ini perusahan tersebut kembali beraktifitas dan membuat warga resah.

“ Dulu waktu persoalan ini pihak DPRD serta pemerintah dan masyarakat sempat minta dihentikan. Tetapi tahun ini mereka mulai kerja lagi. Lebih parahnya,  limbah hasil pembuatan semakin resakan warga,” jelas Yakob Benggu, Ketua RT 08.

Dijelaskannya, sejauh ini beberapa warga sudah mengadukan hal ini kepada pihaknya selaku pemerintah setempat. Untuk itu ia berencana senin pekan depan akan menghadap pemerintah dan DPRD untuk meneruskan laporan warga.

“ Beberapa warga sudah datang sampaikan keluhan mereka, mungkin senin saya ke DPRD dan pemerintah untuk teruskan laporan mereka,” katanya.

Warga menurutnya, menuntut agar lokasi pembuatan kapal dipindakan ke tempat lain.

“ Ini kawasan perumahan bukan kawasan industri. Jadi kami minta agar lokasi ini dipindahkan. Sebab dampaknya sudah jelas. Ada yang badannya gatal-gatal, bahkan harus sempat dirawat ke rumah sakit karena limbah serbuk,” jelasnya.

Menanggapi persoalan ini, Mauritz Alxander Kalelana, anggota DRPD Kota Kupang, Dapil Kelapa Lima berjanji akan membawa persoalan ini ke komisi untuk dilakukan rapat dengar pendapat dengan pemerintah.

“ Saya akan bawa ini komisi untuk kita minta dengar pendapat dengan pemerintah. Sebab kalau tidak dicari solusi cepat kasian warga yang rumahnya dekat dengan lokasi itu,” jelasnya.

Comments
Loading...