Kunjungan Presiden Jokowi Ke NTT Diliput 185 Wartawan

0 67

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Kunjungan Presiden Jokowi Ke Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam rangka kegiatan perayaan natal bersama secara nasional, pada 28 Desember 2015 hari ini, menurut rencana akan diliput oleh 185 wartawan. 185 orang wartawan yang akan meliput ini, berasal dari berbagai media, baik itu cetak, elektronik maupun media online.

wartawan“ Berdasarkan data yang ada pada kami, sebanyak 185 wartawan akan meliput kegiatan presiden selama di Kupang. Ini jumlah yang sangat banyak dan luar biasa,” jelas Kapendam Kodam IX Udayana, Letkol. Inf. J Hotman Hutahean, dalam acara pembekalan peliputan kepada seluruh wartawan di Makorem Wira Sakti Kupang, Minggu, 27 Desember 2015.

Menurutnya, jumlah tersebut berbeda dengan jumlah media yang meliput. Pasalnya, ada beberapa media tertentu yang mengutus lebih dari satu orang untuk meliput. “ Angka ini tidak sebanding dengan media yang meliput. Sebab ada media yang mengutus lebih daari satu orang, seperti dari TVRI yang mengutus puluhan orang karena kepentingan mereka untuk menyiarkan secara langsung,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Komunitas Wartawan Media Online NTT (Kowmen NTT), Joey Rihi Ga merasa kaget dengan jumlah media yang ada di NTT. Pasalnya, kalau mau didata, banyak media yang tidak memenuhi standar, prosedur serta kualifikasi untuk dikatakan sebagai perusahan pers.

“ Saya sangat kaget dengan jumlah wartawan begini banyak. Sebab media yang mereka wakili harus kita pertanyakan soal kredibilitasnya. Jangan hanya memanfaatkan momentum seperti ini baru muncul. Padahal selama ini tidak lakukan aktifitas peliputan,” jelas Pimpinan Redaksi seputarntt.com

Untuk itu Rihi Ga meminta kepada Penerangan Korem selaku pihak yang mengeluarkan kartu identitas peliput bagi wartawan, agar melakukan verifikasi terhadap keberadaan media yang nanti meliput kegiatan presiden Jokowi. (fatur)

Comments
Loading...