Komunitas Gembel07 Memberi Dari Kekurangan

0 89

GEMBEL 07022Kupang, Fokus Nusa Tenggara – KATA-katanya sederhana, namun mempunyai arti yang sangat dalam loh.. Kata-kata itu mampu menyentuh hati seorang pemuda untuk bisa membantu sesama yang kurang mampu, dengan apa yang dipunyainya…wuahh, jarang banget yah,,ada pemuda yang seperti itu..

Semuanya terwujud dalam sebuah komunitas yang saat ini udah 2 tahun lebih berjalan, yaitu “Gembel Community”. Secara umum bagi kita, gembel itu adalah orang yang ga mampu berbuat apa-apa, seperti anak-anak jalanan dan juga pengemis.

Namun bagi anak-anak Gembel Community, “gembel” adalah orang yang mampu menghasilkan sesuatu untuk orang lain. Komunitas yang di bentuk sejak tanggal 3 Maret 2007 ini, dipelopori oleh 6 orang, dan pada tahun 2008 anggotanya menjadi 20 orang. Namun karena sebagian anggota yang bergabung hanya untuk bersenang-senang dan menjadiknnya sebagai batu loncatan, maka orang-orang tersebut dikeluarkan dalam komunitas ini.

Pada awal tahun 2009, enam orang yang menjadi pelopor terdapat sedikit perselisihan dalam rencana program, sehingga 4 pelopor keluar dari Gembel Community. Sedangkan 2 orang lainnya ditambah 4 orang anggota aktif terus menjalankan program kerja mereka.

Hingga saat ini, udah ada 8 anggota baru dan 2 calon anggota.bagi teman -teman yang ingin masuk menjadi anggota “Gembel Community”, gak mudah loh. Anggota yang akan masuk, harus diuji tanpa diketahui oleh yang bersangkutan.

Anggota-anggota tersebut di seleksi selama 3 bulan, dilihat kinerjanya, antusiasnya dan kepeduliannya terhadap masyarakat yang ga mampu. Salah satu ujiannya adalah melakukan gerakan sosial yang tidak memakan banyak dana, seperti pembersihan selokan di tempat-tempat umum. Dari situlah dilihat kesanggupan mereka untuk dapat bekerja serta bagaimana mereka mempertaruhkan gengsi mereka di depan umum demi kepentingan banyak orang.

Saat ini, udah 12 anggota aktif yang bergabung dalam Gembel Community, yaitu Sony Taolin yang biasa disapa Chuek sebagai Ketua sekaligus pendiri, Albert Teuf (Wakil ketua), Berni Mira Tade (Bendahara), Novi Mingotu (Sekretaris), James Lulu (Koordinator Lapangan), dan 7 anggota di antaranya Juan Natonis, Melkianus Natonis, Frans Balelang, Brian Mansyur, Ardi Kurniawan, Abdul Aziz dan YAnto Banusu. Ada juga 2 calon anggota yang masih di uji yaitu Angga Hailitik dan Ben Jara.

Komunitas ini juga mempunyai jadwal pertemuan setiap bulan, dengan pembayaran iuran Rp 5.000/bulan, dan membahas tentang pembukuan terhadap dana yang sudah masuk ke dalam kas, serta kegiatan-kegiatan yang akan di lakukan. Sedangkan setiap minggunya mereka juga melakukan pertemuan dengan iuran Rp 2.000/minggu dengan pembahasan tentang masalah-masalah yang dihadapi para anggota untuk di-sharing.

Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan adalah kunjungan ke panti asuhan, pembersihan selokan di jalan-jalan ( sebagai wujud nyata dalam peduli lingkungan) serta pembersihan rumah-rumah ibadah. Salah satu program yang belum diwujudnyatakan adalah memberi makan gembel se-kota Kupang… wah, kapan ya program itu bisa terwujud??? kita doakan aja ya…

Badan usaha atau kegiatan dalam pencarian dana seperti menjual kopi susu, menanam sayur (bertani) serta pemanfaatan uang iuran. Hasil dana yang udah terkumpul 50%nya untuk kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan, 30% untuk kesejahteraan anggota seperti kedukaan keluarga dari anggota dan juga membantu uang sekolah dari para anggota, 20% untuk dimasukkan dalam kas.

Gembel community, juga punya sebuah lambang loh. Lambang dari Gembel Community, mempunyai arti yaitu Gembel 07, artinya dibentuk pada tahun 2007, 4 tangan yang bergandengan artinya saling peduli dengan bersatu dan tanpa membedakan satu dengan yang lainnya. 7 bintang artinya tahun lahirnya gembel dan harapan untuk menjadi 7 bintang yang bersinar.. warna background yaitu merah, kuning, hijau (bendera Jamaika) yang artinya kedamaian, serta daun ganja yang artinya kesejukan, ketenangan dan cinta damai.

Mereka mempunyai slogan yaitu “selalu di pakai kapan saja”, mengandung arti bahwa mereka siap menolong sesama sampai kapanpun.  Wah, asyik banget ya jika bisa bergabung di komunitas ini? (herlin-givanz)

Comments
Loading...