Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

 Kirab Pemuda Nasioal Kunjungi Situs Sejarah Di Kupang

0 95

 

KUPANG,fokusnusatenggara.com-  Kirab Pemuda Nasional 2017 Zona II, dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, akhirnya tiba di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).  Kupang merupakan salah satu dari tujuan destinasi wisata sejarah dan budaya yang dilakukan selama 72 hari mengelilingi Indonesia.

Dalam Napak Tilas Kebinhekaan 72 hari mengelilingi Indonesia ini, rombongan kirab mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Kota Kupang. Tempat tersebut antaranya, Goa Pertahanan Peninggalan Jepang di Kelurahan Liliba, Kecamatan  Oebobo, dan juga Benteng Concordia yang terletak di Kelurahan  Fatufeto, Kecamatan  Alak.

Selain mengunjungi situs-situs bersejarah tersebut,  kirab pemuda ini juga melakukan kegiatan sosial lainnya yakni, transfer menulis di SD Fatufeto,  penanaman pohon, pembersihan pantai  dan juga membacakan Ikrar pemuda bersama perwakilan pemuda NTT.

Asisten Deputi Peningkatan Kreatifitas Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Eni Budi Sharyani, kepada wartawan di Kupang pada Sabtu, 30 September 2017 menjelaskan, kirab pemuda ini merupakan bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menghargai perbedaan yang harus terus dijaga sebagai kekayaan bangsa.

“ Biar para pemuda ini bisa paham terkait napak tilas kebinekaan dan sejarah NKRI, serta memahami dan dapat mengkampanyekan kepada dunia bahwa inilah NKRi dengan sejuta pesona wisata bersejarah yang dimiliki,” jelasnya.

Antusiasme yang besar juga ditunjukkan oleh peserta Kirab Pemuda Nasional 2017 zona II dalam kunjungannya ke Kupang. Gilang misalnya, peserta asal DKI jakarta ini mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, akan menumbuhkan sikap nasionalisme dalam diri para pemuda, akan kecintaan mereka terhadap NKRI.

“ Harapan kami pemuda agar Indonesia tetap terjaga keutuhan dan kebhinbekaan yang ada selama ini. Sikap ini penting untuk menangkal paham radikalisme yang bisa mengancam keutuhan NKRI,” ungkapnya. (Do Manlea)

Sumber Foto : kompas.com

Comments
Loading...