Jeriko Cetak Sejarah Pertama Kali Di Kota Kupang

66

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Jefri Riwu Kore atau yang akrab disapa Jeriko, Walikota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, untuk pertama kalinya mencetak sejarah di Pemerintahan Kota Kupang.

Torehan sejarah yang dibuat yakni, pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kupang Tahun 2019.

Ini kali pertama selama 24 Pemerintah Kota Kupang terbentuk menjadi daerah otonomi sendiri. Opini WTP diterima Pemerintah Kota Kupang, dalam Rapat Virtual bersama BPK RI pada Kamis, 30 Juli 2020.

Pemberian opini WTP didasarkan pada bukti-bukti audit yang dikumpulkan dari pemerintah, atas kinerja keuangan selama tahun berjalan, yang dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, tranparan dan jujur.

Menanggapi capaian ini, Jefri Riwu Kore mengatakan, peristiwa hari ini merupakan bukti pencapaian hasil kerja keras berbagai pihak dalam mewujudkan visi terwujudnya Kota Kupang yang layak huni, cerdas, mandiri dan sejahtera dengan tata kelola bebas KKN melalui misi Kupang jujur yakni meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bebas KKN dan transparansi pengelolaan keuangan.

Bahkan dirinya menguvapkan terima kasih kepada seluruh satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang telah bekerja maksimal dalam menyelesaikan laoran dan kinerja pada tahun  2019.

“Terima kasih kepada pimpinan dan para anggota DPRD Kota Kupang yang telah memberikan dukungan sehingga Pemkot bisa meraih opini WTP ini, serta terima kasih juga disampaikannya kepada tim percepatan pembangunan daerah yang giat dalam menemukan dan merumuskan fokus permasalahan perkotaan yang terjadi hingga menghasilkan masukan yang berguna dan konkret,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan NTT, Adi Sudibyo pada kesempatan tersebut, memberi apresiasi kepada Pemkot Kupang yang telah berhasil meraih opini WTP tahun ini.

Dengan Kota Kupang keluar sebagai daerah yang meneripa opini WTP ini, berdasarkan data yang dihimpun, sejauh ini 12 daerah di NTT berhasil meraih WTP. Dimana 8 daerah menerimanya oada tahun 2019, danb4 daerah pada tahun 2020. (fatur)

Comments
Loading...