Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla Dialog Dengan Anggota Dekranasda NTT

  • Bagikan

Dia mengingatkan tenun sangat erat kaitannya dengan kearifan lokal maka perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) perlu diperhatikan baik merk , pendaftaran motif dan pendaftaran Indikasi Geografis. Indikasi Geografis merupakan identitas produk yang telah memiliki reputasi, ciri khas berkaiitan dengan geografis tertentu dan kualitas yang tinggi yang dapat melindungi baik produsen maupun konsumen dari pemalsuan barang.

Baca Juga :  Gereja Asumpta Akan Dibenahi Pemprov Untuk Pesparani Nasional

“ Karena itu saya harapkan Dekranasda Provinsi NTT dan Kabupaten /Kota perlu dan terus bersinergi mengembangkan kerajinan tenun. Saat ini tenun NTT yang telah mendapatkan Sertfikat Indikasi Geografis adalahTenun Ikat Sikka, Tenun Ikat Alor danTenun Songket Alor. Diharapkan tenun dari daerah lain menyusul ,” ujarnya.

Selain itu kata Ibu Mufidah perlu adanya regeneras perajin. Perlu dilakukan berbagai pelatihan bagi para generasi muda yang dapat menciptakan wira usaha baru.

Baca Juga :  Dukung Smart City, Demokrat Luncurkan Wifi Gratis

Dibidang pemasaran kata Ibu Mufidah persaingannya juga sangat ketat khususnya pemasaran yang memanfaatkan belanja online.” Agar tidak ketinggalan dan untuk meningkatkan serta memperluas jaringan pemasaran, saya harapkan agar Dekranasda Provinisi NTT dapat memfasilitasi para perajin untuk memanfaatkan penggunaan pemasaran online ,” harap kata Ibu Mufidah. ( Usif)


Reporter: Usif


  • Bagikan