Husein Pancratius: “105 bayi di NTT, Berpeluang Terinfeksi HIV/AIDS”

0 68

HuseinKUPANG, fokusnusatenggara.com– Sebanyak 105 orang bayi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berpeluang terindikasi Virus HIV/AIDS. Angka ini didasarkan pada data Komisi Penanggulangan Aids (KPA) NTT, yang diambil dari Voluntary Counselling and Testing (VCT).

Ketua KPA NTT, dr. Husein Pancratius, menjelaskan hal tersebut kepada wartawan di Kupang-NTT. Dikatakannya, dari angka 105 orang bayi tersebut, paling banyak penyebarannya berada di Kota Kupang dan Kabupaten Belu.

“ Jumlah ini kemungkinan akan bertambah, karena kami juga memiliki keterbatasan peralatan medis dan tenaga untu melaukan cek up. Sehingga baru diketahui angka seperti ini saja,” jelasnya.

Ditambahkannya, terkait jumlah kasus dan temuan mengalami peningkatan. Pada tahun 2014 saja terdapat 3041 kasus. “ Ada peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2013. Sebab jujur kami memiliki keterbatasan fasilitas dan tenaga. Saat ini saja baru 2 wilayah memiliki alat tes VCT. Sedangkan daerah lain belum,” jelasnya.

Ketua KPA NTT ini juga meminta agar, seluruh masyrakat di NTT segara melakukan Test VCT sehingga dapat mengetahui statusnya apakah sudah terinveksi penyakit ini atau belum. (Laporan : Iskandar Mansyur)

Comments
Loading...