Bupati Kupang Surati Kantor Pajak Terkait Tax Amnesty

0 72

OELAMASI,fokusnusatenggara.com- Bupati Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Ayub Titu Eki, akhirnya menyurati Kantor Pajak Pratama Kupang-NTT, terkait penerapan Tax Amnesty, atau pengampunan pajak.

ayub titu ekiSurat yang diajukan Titu Eki tersebut, guna meminta secara detail petunjuk pelaksana dan teknis terkait penerapan Tax Amnesty. Selain Kantor Pajak Pratama Kupang, Titu Eki juga menyurati Sekretaris Jendral Pemangku Adat Kabupaten Kupang.

Informasi tersebut disampaikan Stef Baha, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Setda Kabupaten Kupang, kepada wartawan, Rabu, 24 Agustus 2016 siang tadi. Menurutnya, selain meminta penjelasan terkait pentunjuk teknis dan pelaksana, Bupati Titu Eki juga meminta agar pihak Kantor Pajak Pratam Kupang, memberikan penjelasan secara detail soal nasib kepemilikan hak ulayat atas tanah adat yang dikuasai masyarakat secara komunal.

“ Pak bupati minta agar segera pihak pajak memberikan penjelasan soal hak ulayat masyarakat ini dalam kaitan pemberlakuan tax amnesty” ungkapnya.

Menurutnya, pemberlakuan Tax Amnesty ini, memang akan menguntungkan daerah secara finasial. Namun dilain pihak, pemerintah juga tidak ingin terjadi gesekan dalam masyarakat, akibat adanya monopoli kekuasaan hak ulayat pada satu orang. Sebab prinsip pelaporan wajib pajak tidak mengenal  wajib pajak secara komunal, melainkan secara individu.

“ Hak komunal itu bukan hak yang dikuasakan kepada satu orang, tetapi hak yang dimiliki oleh kelompok masyarakat secara bersama. Kalau penerapan tanpa juklak dan juknis, ini  pasti akan timbulkan gesekan dalam masyarakat,” pungkasnya. (Jeremy Mone)

 

Comments
Loading...