Buaya Sepanjang 4 Meter Kembali Ditangkap BBKSDA

0 57

KUPANG,fokusnusatenggara.com – Pihak Unit Penanganan Satwa Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali menangkap seekor Buaya Muara dengan panjang hampir 4 meter. Operasi penangkapan ini dilakukan atas laporan masyarakat setempat yang sering diganggu reptil raksasa itu.

Buaya-yang-ditangkap-BKSDASetelah mendapat laporan dari warga, team dari BKSDA NTT langsung turun menyisiri muara Sungai Sumlili, Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang dan berhasil melumpuhkan reptil air itu pada pukul 21:15 wita tadi malam.

Buaya berjenis kelamin jantan itu ditangkap dalam keadaan luka menganga dibagian lambung sebelah kiri, yang diperkirakan akibat berkelahi dengan buaya lainnya, sehingga tim dokter dari balai karantina hewan langsung menjahit luka buaya itu agar tidak menganggu kesehatannya

Tamen Sitorus, Kepala BBKSDA NTT, menduga bahwa di daerah itu masih banyak buaya muara yang berkeliaran di sekitaran pantai Teluk Kupang. untuk itu Dia menghimbau untuk selalu mewaspadai diri jika ingin melaut maupun berekreasi di pantai.

“Usahakan selalu berwaspada saat hendak melaut atau saat sedang rekreasi pantai,” tutur Sitorus, Kamis 17 Maret 2016.

Dirinya menambahkan, hingga saat ini pihak BBKSDA sudah berhasil menangkap 8 ekor buaya. Bahkan diperkirakan masih banyak lagi reptil spesies yang berkeliaran di perairan teluk Kupang-NTT. bahkan sejak Oktober 2011 Hingga Awal 2016, pihak BBKSDA NTT merilis sudah 24 orang yangmeninggal akibat diserang Buaya.

“Data tersebut bisa saja akan meningkat mengingat tidak semua insiden terminitor dengan lengkap,” ujarnya. (fatur)

 

Comments
Loading...