210 Anak Kota Kupang Alami Gizi Buruk

0 54

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Sebanyak 210 Anak di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),  mengalami Gizi Buruk.  Jumlah tersebut sangat memprihatinkan dari tahun sebelumnya.  210 Anak Gizi Buruk tersebut merupakan penderita Gizi Tanpa Klainan Klinis.

gisiMenurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Ari Sanjaya, Penyebab Gizi Buruk tersebut disebabkan karena Asupan Gizi yang kurang.  “ Data status gizi dari seluruh puskesmas yang ada di Kota Kupang pada posisi Mei 2015, mengalami peningkatan dari tahun tahun sebelumnya,” jelasnya kepada wartawan pagi tadi.

Sebagai langkah antisipatiif menurutnya, petugas posyandu di Kupang mulai mengolah pangan lokal bagi balita penderita gizi buruk.  Pangan lokal, seperti tepung maisena dicampur susu yang diberikan kepada balita penderita gizi buruk untuk meningkatkan nafsu makan. Sedangkan bagi ibu menyusui diracik daun pepaya dengan bawang merah, minyak dan bumbu lainnya yang relatif murah.

Dari data dinas kesehatan provinsi NTT sejak Januari hingga Mei 2015 terdapat 1.918 anak yang menderita gizi buruk. Bahkan, 11 anak di kabupaten timor tengah utara dilaporkan meninggal. (Laporan :*Men)

 

 

Comments
Loading...