Internet Konten Negatif Berdampak pada Kesehatan Anak

0 47

JAKARTA – Pesatnya pertumbuhan gadget dan interet di Tanah Air memiliki dampak luas terhadap anak-anak. Bahkan bila digunakan tidak tepat, gadget dan internet akan membuat kemampuan bersosialisasi menurun, bullying di dunia maya hingga gangguan kesehatan.

Pemerhati teknologi Dominikus Susanto mengatakan bahwa peran orangtua justru penting untuk mengatur masuknya perangkat keras untuk mengatasi dampak negatif internet itu. “Bukan gadget yang menimbulkan dampak negatif, tetapi konten,” kata Susanto seperti dikutip dari Antara, Minggu, (16/11/2014).

Menurut dia, banyak anak menggunakan ponsel pintar atau komputer tablet untuk mengakses internet sehingga orang tua harus mencegah mereka agar tidak mengakses situs yang tidak sesuai.

Bila menggunakan perangkat iOS, orang tua sebaiknya mengunci aplikasi tertentu, misalnya video game, agar anak hanya dapat mengakses aplikasi tersebut saat menggunakan perangkat.

Sementara itu, bila menggunakan Android, orang tua dapat mengatur saringan konten di Play Store agar anak tidak dapat mengunduh aplikasi yang tidak sesuai dengan usianya.

Bila menggunakan komputer, orang tua juga sebaiknya mengatur situs-situs yang boleh diakses anak dan memonitor aktivitas anak di jejaring sosial dengan memanfaatkan aplikasi tertentu, misalnya www.socialshield.com. “Internet dengan kontrol sehingga jadi sesuatu yang positif,” kata dia.

Ia mengatakan gadget dan internet memiliki dampak positif bila dimanfaatkan dengan baik, seperti membuat anak terbiasa dengan perangkat komputer, menstimulasi imajinasi, kemampuan berbahasa bila memainkan permainan berbahasa asing dan meningkatkan semangat untuk menang.

(amr) T echno Okezone

Comments
Loading...