Berita Terkini Hari Ini, Kabar Akurat & Berimbang

Warga Amfoang Minta Pemekaran DOB

0 6
Pemakaian Sarung Adat oleh Perwakilan Masyarakat Amfoang kepada Ketua DPRD NTT (foto : Jeje Taolin)
Pemakaian Sarung Adat oleh Perwakilan Masyarakat Amfoang kepada Ketua DPRD NTT (foto : Jeje Taolin)

KUPANG, fokusnusatenggara.com- Ratusan warga dari enam kecamatan di Amfoang Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) mendatangi DPRD NTT, siang tadi. Ratusan warga yang dipimpin Raja Amfoang Roby Manoh dan sejumlah fetor itu menyerahkan sejumlah dokumen pendukung kepada DPRD NTT sebagai syarat untuk diproses menjadi Daerah Otonom Baru (DOB).

“Kami minta aspirasi kami diperjuangkan agar Amfoang dimekar dari Kabupaten Kupang. Amfoang sangat layak sehingga harus menjadi satu kabupaten,” kata Luther Sol’uf, Ketua Panitia Pemekaran Amfoang dalam acara tatap muka dengan Ketua DPRD NTT.

Menurut Luther, pemekaran adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat agar kelancaran pembangunan disegala sektor dapat tercapai. Karena itu, aspirasi masyarakat diatas segala-galanya sehingga DPRD NTT harus mengawal seluruh dokumen pendukung yang akan dikirim ke pemerintah pusat.

“Memang kami tau proses pemekaran tidak gampang, tetapi aspirasi kami harus dikawal sampai pemerintah pusat agar cita-cita pemekaran dapat tercapai,” jelas dia.

Ia menjelaskan, Amfoang termasuk wilayah yang strategis karena berbatasan langsung dengan Timor Leste dan memiliki satu pulau terluar yakni pulau Batek. Sejauh ini, karena jarak antara Amfoang dengan Oelamasi yang adalah ibukota Kabupaten Kupang cukup jauh sehingga potensi yang ada di daerah itu belum dikelola dengan baik. Namun, jika Amfoang menjadi DOB maka potensi yang tersedia sangat mendukung pendapatan asli daerah (PAD).

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno mengatakan wajib hukumnya adalah aspirasi dan tuntutan masyarakat harus diperjuangkan. Sebagai lembaga DPR yang tugasnya memperjuangkan aspirasi masyarakat maka pada intinya rencana pemekaran baik provinsi maupun kabupaten harus didukung. “Wilayah Amfoang pantas dan layak menjadi calon DOB maka kita harus mendukung dan memperjuangkan aspirasi masyarakat,” kata Anwar.

Sampai saat ini sudah empat usulan DOB yang diteruskan ke Menteri Dalam Negeri untuk diproses. Keempat DOB tersebut antaranya DOB Pantar, Amanatun, Adonara dan Kota Maumere. Sedangkan empat  sisanya baru masuk ke DPRD NTT yakni DOB Amfoang, Sumba Jaya,  Pahungalodu, Sumba Selatan dan Provinsi Flores.   (Laporan : Leonardo Jeffry Taolin)

.

Comments
Loading...