Sekda Manggarai Dilaporkan Ke Menpan

0 50

RUTENG,fokusnusatenggara.com- Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai- Nusa Tenggara Timur (NTT), Manseltus Mitak, dilaporkan secara resmi ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, oleh tim hukum  Pasangan Calon Hery Nabit – Adolf Gabur. Sekda Mitak dilaporkan sebab dinilai tidak netral dalam pelaksanaan Pilkada di  kabupaten tersebut.

pnsDalam surat laporan yang ditanda tangani oleh tiga orang tim hukum paslon Nabit-Gabur tersebut, selain Mitak, mereka juga melaporkan lima orang pejabat teras Setda Manggarai antaranya, Marselinus Gambang, asisten Ekbang, Apri Ratu Lake, Kepala Dinas Perhubungan, Burhan Venansius, Kasat Pol PP, Hendrik Amal, Kabag Pembangunan dan Sipri Jamun, Kabag Humas.

Tim Hukum yang terdiri dari Sipri Ngganggu, Yance Janggat, Geradus Dadus, dalam surat laporan tersebut, menilai perbuatan yang dilakukan Sekda Mitak dan kelima pejabat tersebut, dianggap melanggar melanggar ketentuan  peraturan perundangan yang berlaku tentang prinsip netralitas aparatur sipil negara dalam pelaksanaan Pilkada.

Dalam laporan tersebut, Tim Hukum nabir-Gabur juga menuliskan fakta terkait keterlibatan Sekda Mitak dan kelima pejabat tersebut  dalam politik praktis. Dimana pada tanggal 7 November 2015, pukul 13.00 Wita, mereka secara tahu dan sadar mengikuti pertemuan dengan salah satu pasangan calon, guna membahas rencana pelaksanaan kampanye akbar pasangan nomor urut 1 ( Deno Kamilus – Viktor Madur).

Bahkan dalam pertemuan tersebut, mereka bukan mengatasnamakan pribadi melainkan membawa jabatan dan kedudukan mereka di birokrasi. Indikasi ini dapat dibuktikan dengan fakta bahwa, pertemuan tersebut dilakukan pada jam kantor dan menggunakan fasilitas negara.

Perbuatan Sekda Mitak bersama lima pejabat teras pemkab Manggarai tersebut, menurut Tim Hukum dalam laporannya, jelas melanggar Undang-Undang ASN terutama pada Pasal 4 angka 15 huruf d, serta PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Tembusan surat tersebut juga disampaikan kepada Ketua KPU di Jakarta, Ketua Bawaslu, Gubernur NTT, Ketua KPU NTT, Ketua KPU Manggarai, dan Pejabat Bupati Manggarai. (fatur/bert)

Comments
Loading...