Pesan Masyarakat Dualaus Kepada Taolin Agustinus

0
112

ATAMBUA,fokusnusatenggara.com– Respon masyarakat Kabupaten Belu, Provinsi NTT kepada dr. Taolin Agustinus, Bakal Calon Bupati Belu, yang sedang melakukan ‘Safari Politik” selama sepekan di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste ini semakin masif.

Tidak hanya memberi dukungan secara politik, tetapi mereka juga menaruh harapan besar kepada sosok dokter spesialis hati dan saluran cerna ini, untuk bisa menjawab persoalan hidup mereka, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan dengan kebijakan yang populis dan menyentuh langsung kebutuhan mereka.

Seperti yang terjadi di desa Dualaus, Fatuketi dan Ainiba, respon luar biasa tetap diberikan masyarakat kepada mantan Kepala Puskesmas Kota Atambua ini. rela menunggu lama bukan aral dan rintangan bagi mereka untuk bertemu sosok yang mengusung tagline “Perubahan” ini.

Di Dualaus misalnya, dalam pertemuan pada Selasa, 13 Agustus 2019, masyarakat setempat meminta kepada Dokter Agus untuk memperhatikan pembangunan kesehatan dan pendidikan. menurut mereka selama ini mereka belum tersentuh secara maksimal lewat kebijakan yang ada.

Antonia Coreira, Salah satu tokoh Masarakat Dualaus, dalam diskusi dan pertemuan terbatas dengan dr. Agus Taolin, menitipkan pesan untuk diperhatikan, apabila dipercaya serta direstui Tuhan untuk menjadi Bupati Belu yang akan datang.

Menurutnya, pembangunan bidang kesehatan dan pendidikan harus menjadi prioritas guna menciptakan generasi yang berkualitas bagi kabupaten Belu di kemudian hari. Peningkatan infra struktur kesehatan serta sekolah, harus diimbangi dengan peningkatan kualitas tenaga medis dan pendidik. selain itu, mekanisme klaim BPJS maupun Kartu Indonesia Sehat (KIS), harus dipermudah tanpa birokrasi yang rumit.

” Kami Minta kalau Dokter Agus jadi Bupati Belu nantinya, tolong perhatikan benar pembangunan di bidang kesehatan terutama perbaikan infra struktur puseksmas, serta mekanisme klaim BPJS yang harus cepat tanpa dipersulit aturan birokrasi. Selain itu soal pembangunan infra struktur puskesmas, serta penambahan tenaga medis sampai tingkat posyandu juga harus diperhatikan, demikian juga pendidikan yang berbasis wilayah dan ramah anak,” pesannya.

Menanggapi hal, Dokkter Agus Taolin menegaskan, apabila dirinya dipercaya rakyat untuk menjadi bupati, dirinya akan mengubah pola pendekatan kebijakan yang berbasis pada persoalan riil kebutuhan dasar masyarakat. Selain Kesehatan dan pendidikan, pembangunan infra struktur, pemenuhan kebutuhan dasar, penataan birokrasi serta kepastian hukum akan menjadi program yang sekiranya bisa menjawab persoalan yang ada. Selain itu juga, sektor pariwisata, peningkatan kapasitas melalui BLK berbasis skill dan desa, ketersediaan pangan, pengawasan harga pasar, ruang berekspresi bagi generasi muda akan menjadi program untuk mendorong pembangunan berbasis masyarakat.

” Saya tidak akan muluk-muluk untuk berjanji, Tetapi kalau diijinkan serta dipercaya memimpin daerah kita ini, saya akan membangun dengan berbasis kebutuhan rill masyarakat, sebab prinsip saya masyarakat harus dilayani dengan maksimal sebagai tanggung jawab moril dari seorang pemimpin kepada rakyat. masyarakat sejahtera, daerah akan makmur dan kita akan berubah sama sama menuju proses yang lebih baik,” ungkap alumnus Fakultas Kedokteran UGM Jogyakarta ini. (*/Humas #Relawan AT)


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here