PDIP TTS Terancam Tak Ikut Pemilu

0
582
Loading...

ketuaKPUNTTKUPANG, Fokusnusatenggara – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terancam tidak ikut pemilu legislatif untuk wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi NTT. Selain PDIP, ada 3 partai yang mengalami nasib sama yakni PKB untuk Kabupaten Sumba Barat Daya, PPP dan PBB untuk Kabupaten Ngada.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU NTT, Johanes Depa di Kupang. Dikatakannya, berdasarkan aturan, setiap parpol setelah 3 hari dinyatakan sebagai partai peserta pemilu, wajib melaporkan dana kampanye ke KPU setempat.

Namun beberapa parpol di NTT tidak melakukan hal tersebut. Konsekuansinya parpol tersebut dibatalkan untuk menjadi peserta pemilu. Bila hal itu terjadi,akan berdampak pada para caleg yang diusung partai tersebut juga akan gugur sendirinya.

“Batas masukan laporan dana kampanye itu ada 2 tahap. Tahap pertama pada tanggal 27 November 2013. Sedangkan tahap kedua pada tanggal 2 Maret 2014. Kalau mereka tidak masukan laporan dana kampanye, berdasarkan aturan ya mereka dicoret sebagai peserta pemilu,” jelasnya.

Johanes Depa menambahkan, selain aturan tersebut, bagi parpol yang tidak memasukan lapporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye, maka sesuai dengan pasal 138 ayat 3 dan 4 parpol, caleg dari parpol tersebut akan dikenai sangsi administrasi, yakni dicoret sebagai calon anggota legislatif. (Laporan: Iskandar Mansyur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here