Panwaslu Manggarai Akui Ada Kecurangan Pilkada

0 111

RUTENG,fokusnusatenggara.com- Ketua Panwaslu Manggarai-Nusa Tenggara Timur, Ino Jewaru menegaskan, pelaksanaan Pilkada Manggarai 9 Desember 2015 lalu memang ada kecurangan. Salah satu yang menjadi polemik saat ini adalah kerusakan segel pada 66 kotak suara, oleh pihak Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Satar Mese.

Demo Panwas ManggaraiJewaru menegaskan hal ini ketika menerima ratusan massa pendemo dari kubu pasangan calon (Hery Nabit – Adolf Gabur), kemarin di Kantor Panwaslu Manggarai. Menurut Jewaru, pihak Panwascam setempat sudah melakukan pencegahan, tetapi tidak diindahkan oleh PPK Satar Mese.

“ Saya sudah meminta pihak Panwascam setempat untuk mencegah, tetapi tidak diindahkan,” tegasnya.

Mendengar jawaban Jewaru, massa aksi langsung meminta agar persoalan ini dimasukan sebagai tindak pidana Pemilu. Pasalnya menurut massa aksi, pembukaan segel kota suara itu harus disaksikan oleh pihak Panwascam, pasangan calon, aparat kemanan dan pihak KPU.

“ Kami minta Panwas untuk segera tindak lanjuti kasus ini. Sebab prosedur pembukaan kotak suara itu sudah menyalahi aturan yang ada,” pinta Rian Mbaut, perwakilan massa aksi.

Menanggapi hal ini, Jewaru menegaskan akan menindak lanjuti laporan ini sebelum pelaksaan pleno di tingkat KPU hari ini.

“ Kita akan tindak lanjuti laporan ini sebelum pelaksaan pleno di tingkat kabupaten. Paling lambat hari ini sudah ada hasilnya,” jelas Jewaru. (fatur)

Comments
Loading...