Paket Harmoni Unggul Di NTT

Paket Harmoni Unggul Di NTT

- in Politik
2699
0
Loading...

KUPANG,fokusnusatenggara.com– Calon Gubernur NTT dari Paket Harmoni (Benny K Harman dan Benny A Litelnoni) diunggulkan untuk pemenang Pemilu Gubernur menjadi Gubernur NTT periode mendatang. Hasil ini didapat setelah Lembaga Roda Tiga Konsultan mengeluarkan rilis survey terbaru pada Jumat, 23 Juni 2018.Kemenangan Harmoni diketahui setelah Roda Tiga Konsultan mengajukan pertanyaan tentang elektabilitas kandidat secara tertutup kepada responden “Seandainya pemilihan langsung Gubernur dan Wakil Gubernur NTT dilaksanakan hari ini, dari empat 4 pasangan nama berikut ini, siapa yang akan dipilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur?”

Hasilnya, Harmoni menduduki posisi teratas dengan meraih suara sebesar 29,6 persen, mengungguli paslon Viktor Bungtilu Laiskodat-Joseph Nae Soi (Victory-Joss) yang dipilih 20,9 persen responden. Posisi ketiga ditempati paslon Marianus Sae-Emilia Nomleni (Marhaen) yang memperoleh 13,6 persen suara.

Sementara paslon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT Esthon L. Foenay-Christian Rotok (Esthon-Chris) berada di posisi terakhir dengan raihan suara sebesar 12 persen. Sementara responden yang belum menentukan pilihan mencapai 23,9 persen.

“BKH-BAL dipilih oleh 29,6 persen responden, lebih unggul dibanding Cagub-cawagub lainnya. Untuk pemilih yang belum menentukan yaitu 23,9 persen,” kata Direktur Riset Roda Tiga Konsultan Rikola Fedri dalam konferensi pers pemaparan hasil survei yang digelar di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (22/6/2018).

Keunggulan Harmoni juga tak lepas dari tingkat elektabilitas tiap figur, dimana Cagub Benny K Harman menduduki posisi teratas elektabilitas kandidat secara terbuka (top of mind), ketika Roda Tiga Konsultan mengajukan pertanyaan ‘Seandainya pemilihan langsung Gubernur dan Wakil Gubernur NTT dilaksanakan hari ini, siapa calon Gubernur yang akan dipilih?”

Dalam survei elektabilitas kandidat secara terbuka ini, Benny Harman dipilih 27,3 persen responden, berikut Viktor 17,8 persen, Esthon 10,5 persen, Marianus 9,7 persen, Christian 0,8 persen, Emmilia 0,8 persen, Joseph 0,3 persen, Benny Litelnoni 0,1 persen. Sedangkan responden yang merahasiakan pilihannya sebesar 2,7 persen, dan yang tidak tahu/tidak jawab mencapai 30,3 persen.

“Elektabilitas terbuka (top of mind), Benny K Harman paling tinggi yaitu 27,3 persen, sementara Viktor Bungtilu Laiskodat elektabilitas terbukanya hanya 17,8 persen responden,” jelas Rikola.

Benny Harman kembali unggul dari tingkat popularitas yakni sebesar 82,5 persen. Disusul Esthon dengan 77,2 persen, Benny Litelnoni 76,9 persen, Chris 76,3 persen, Viktor 75,2 persen, Marianus 73,8 persen, Emmilia 69,3 persen, Joseph 67 persen.

Lagi-lagi Benny Harman juga unggul dalam survei Roda Tiga Konsultan soal kandidat yang paling disukai (likeabilitas). Politisi Demokrat itu berada di posisi puncak karena disukai oleh 64,2 persen responden, disusul wakilnya Benny Litelnoni dengan 58,2 persen.

Sementara di posisi ketiga tingkat kesukaan, ditempati Chris yang memperoleh 55,8 persen, disusul Esthon 55,6 persen, Viktor 54,1 persen, Marianus 48,7 persen, Emmilia 47,9 persen, dan terakhir Joseph 46,7 persen.

Diketahui, survei Roda Tiga Konsultan dilakukan pada 14-22 Mei 2018, dengan melibatkan 1.200 responden. Mereka terdistribusi secara proporsional di setiap kota/kabupaten se-NTT. Margin of error dalam survei ini -+ 2,9 persen. (*/fatur)

Loading...

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *