Lolos Psikotes, Yes Loudoe Ketua DPRD Kota

0 50

jesKUPANG, fokusnusatenggara.com-Teka-teki siapa Ketua DPRD Kota Kupang terjawab sudah. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan akhirnya menetapkan Yeskiel Loudoe sebagai Ketua DPRD Kota Kupang definitif. Penetapan itu tertuang dalam surat keputusan (SK) DPP Nomor 5116/IN/DPP/IX/2014 tertanggal 1 September, yang ditandatagani Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri dan Sekjen DPP PDI Perjuangan, Tjahyo Kumolo.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kupang, Yeskiel Loudoe di gedung DPRD Kota Kupang, Senin (8/9) mengatakan, SK DPP PDI Perjuangan sudah diditerbitkan. Dalam SK tersebut dirinya ditetapkan sebagai Ketua DPRD Kota Kupang periode 2014-2019.

Yeskiel mengatakan, semua proses di internal partai sudah dilakukan, termasuk mekanisme di tingkat DPC, DPD, hingga ke DPP. SK sudah diserahkan ke DPC, dan DPC akan menyurati Sekwan Kota Kupang, untuk memberitahukan SK penetapan tersebut.

Ditambahkan, sesuai SK DPP, penetapan dirinya sebagai Ketua DPRD Kota Kupang periode 2014-2019, setelah memperhatikan hasil psikotes calon anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia, yang diselenggarakan Himpunan Psikologi Indonesia. Pertimbangan lainnya yakni hasil fit and proper test, serta tes tertulis yang diselenggarakan pada 13-14 Agustus dan 19-20 Agustus, surat DPD PDI Perjuangan Provinsi NTT, dan keputusan rapat DPD PDI Perjuangan pada 22 Agustus lalu.

Dalam SK tersebut, paparnya, memutuskan mengesahkan dan menetapkan Yeskiel Loudoe sebagai Ketua DPRD Kota Kupang periode 2014-2019, sebagaimana diajukan dari PDI Perjuangan. Dalam SK itu juga, menginstruksikan kepada seluruh jajaran struktural partai dan seluruh anggota DPRD Kota Kupang dari PDI Perjuangan, untuk mengajukan, mengamankan, dan memerjuangkan Yeskiel Loudoe menjadi Ketua DPRD Kota Kupang periode 2014-2019. Ketiga, kepada mereka yang tidak mengindahkan instruksi dan melakukan aktivitas keluar dari kebijakan partai tersebut, akan diberikan sanksi organisasi.

“Isu-isu yang beredar selama ini tidak benar. PDI Perjuangan merupakan partai yang modern sehingga isu-isu yang beredar sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Saya Ketua DPC Kota Kupang dan sesuai dengan aturan partai maka saya yang lebih diprioritaskan untuk menjadi Ketua DPRD Kota Kupang. Itu mekanisme partai dan tidak ada yang bisa mengubahnya,” tegas sosok yang akrab disapa Yes itu.

Mengenai posisi Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Yeskiel mengatakan, akan ditentukan setelah rapat DPC. Ada dua nama yang telah diusulkan pengurus partai, yakni Adrianus Talli dan Muhamad Khadafi Gudban. Kedua nama itu akan ditentukan dalam rapat DPC yang akan digelar dalam satu atau dua hari nanti.

Lebih jauh, Yeskiel yang juga Ketua Sementara DPRD Kota Kupang mengatakan, untuk Partai Golkar sesuai surat yang masuk, menetapkan Marthinus Medah sebagai Wakil Ketua definitif.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Kota Kupang, Christ Foenay yang dihubungi koran ini, Senin (8/9) mengatakan, berdasarkan SK DPP Gerindra, Christian Baitanu ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Kupang periode 2014-2019 mendatang. “Sebelumnya kita usul tiga nama masing-masing, Maria Salouw, Christ Baitanu dan Moses Mandala. DPP kemudian memutuskan Christ Baitanu sebagai wakil Ketua DPRD Kota Kupang,” paparnya.

Terpisah, Sekretaris DPRD (Sekwan) Kota Kupang, Adrianus Lusi mengatakan, sejauh ini baru satu partai yakni Partai Gerindra yang telah memasukan surat pemberitahuan penetapan pimpinan DPRD Kota. Sedangkan PDI Perjuangan dan Partai Golkar sejauh ini belum memasukan surat dimaksud. (lok/aln) =Sumber : Timor Expres.com

Comments
Loading...