Lidwina Viviawaty, Istri Willy Lay : Perempuan Belu Sebenarnya Tidak Miskin

0 99

ATAMBUA,fokusnusatenggara.com- Presentasi angka sebasar 14,5 warga miskin di Kabupaten Belu-Nusa Tenggara Timur (NTT), dimana sektor perempuan dinilai mendominasi angka tersebut ternyata tidak benar. Bahkan stigma soal perempuan Kabupaten Belu itu miskin sangat mencederai kaum perempuan di Belu.

Hal ini diungkapkan Lidwina Viviawaty, istri Willy Lay, calon Bupati Belu yang maju berpasangan dengan
vivi JT ose Luan dengan mengusung tagline SAHABAT. Menurut Vivi, dirinya kurang simpatik dengan predikat tersebut. Pasalnya, kondisi rill yang terjadi di lapangan sangat berbeda dengan presentasi angka ini.

“ Kalau mau jujur perempuan Belu tidak miskin. Perempuan Belu hanya belum dikasih kesempatan lebih untuk berkreasi dan inovasi secara ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan meraka. Minimal mereka mampu membantu suami dalam meningkatkan pendapatan keluarga,” jelasnya dalam diskusi dengan beberapa awak media di kediamannya Sabtu pekan lalu.

Sektor pembangunan perempuan menurutnya, selama ini kurang menjadi perhatian dan prioritas utama. Pemerintah terkesan menganak tirikan pembangunan sektor ini. Perempuan Belu menurut Vivi adalah kaum yang suka bekerja keras dan berani hadapi tantangan hidup. Persoalan kesempatan dan sarana yang tidak menyentuh mereka.

“ Kaum perempuan Belu selama ini kurang diberikan fasilats, dan sarana untuk aktualisasi diri dengan kegiatan positif yang bisa memiliki nilai ekonomis. Faktor budaya memang dominasi akan hal ini, tetapi itu bukan alasan utama buat kaum perempuan Belu untuk maju. Perhatian pemerintah akan pembangunan dibidang perempuan sangat lemah bahkan tidak ada sama sekali,” jelas sosok yang menekuni hoby fotografer ini.

Dirinya berjanji, apabila Tuhan merestui dan rakyat Belu memilih paket SAHABAT menjadi bupati Belu periode mendatang, dirinya berjanji akan mendorong dan mengawal serta berdayakan kaum perempuan dengan program industri ekonomi kreatif. Bahkan kelompok home industri akan dibentuk untuk memudahkan kontrol dari progress program tersebut.

“ Saya sudah berkomitmen apabila terpilih nanti, saya akan memberikan semua kemampuan saya untuk pembangunan sektor perempuan, remaja dan anak. Program industri dan ekonomi kreatif adalah solusi tepat untuk hal ini,” pungkasnya dalam diskusi singkat siang itu. (Jeffry Taolin)

Keterangan Foto : Lidwina Viviaway ketika bersama sang suami Willy Lay

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi Lidwina Viviawaty

Comments
Loading...