Ketua Dan Tiga Wakil ketua DPRD NTT Dilantik 4 Oktober

0
142
Sekretaris DPRD NTT Thobias Ngongo Bulu
Loading...

Kupang, fokusnusatenggara.com / 3 Oktober 2019.

Ketua dan tiga Wakil ketua DPRD NTT akan dilantik besok, JUmad 4 Oktober 2019 di aula utama Gedung Raakyat.

Keempat pimpinan DPRD NTT yang akan dilantik yakni Ketua DPRD Emilia Nomleni, Wakil Ketua Inche Sayuna, Wakil Ketua II Christian Mboeik, Wakil Ketua III Aloysius Malo Lady hadir mengikuti gladi ( 3/10).

Ketua sementara DPRD NTT Yunus Takandewa kepada fokusnusatenggara.com mengatakan SK Kementrian Dalam Negeri telah dikantongi sehingga pelantikan dapat terlaksana.

“SK sudah ada, salinan keputusan mendagri sudah kita dapatkan jadi sudah pasti besok jam 10 pengambilan sumpah janji” ujar mantan Wakil Ketua DPRD NTT ini

Dia melanjutkan, setelah DPRD memiliki pimpinan definitif maka akan menetapkan tata tertib (tatib) DPRD NTT 2019-2024 setelah itu pengesahan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD)

“Setelah ini, tatib baru pemilihan dan penetapan AKD” beber politisi PDIP tersebut.

Kepastian pelantikan tersebut juga diungkapkan oleh Sekretaris DPRD NTT, Thobias Ngongo Bulu.
“ Iya besok jam 10.00 Wita akan dilakukan pelantikan Ketua dan tiga Wakil Ketua DPRD NTT. Jadi paripurna DPRD besok akan mengesahkan serta melantik Ketua dan tiga Wakil Ketua DPRD periode tahun 2019-2024. Undangan sudah kami edarkan ,” kata Thobias Ngongo Bulu.
Dia menyebutkan pelantikan Ketua dan tiga wakil ketua DPRD NTT sebetulnya sudah dilaksanakan 30 September 2019 lalu. Namun ditunda karena proses SK nya di Kementrian Dalam Negeri ketika itu belum selesai.
“ Semula sudah kami jadwalkan 30 September 2-019 lalu. Namun karena SK yang diproses di Kementrian Dalam Negeri belum selesai akhirnya kami tunda. Dan baru dilaksanakan besok Jumad 4 Oktober 2019 ,” ujar Thobias Ngongo Bulu. ( Usif).

Sementara Sekretaris DPRD NTT Thobias Ngongo Bulu kepada fokusnusatenggara
menjelaskan sesuai jadwal yang dikemukakan sekwan pada minggu lalu menyebutkan pelantikan pimpinan definitif DPRD NTT akan dilakukan Senin (30/9) tetapi karena SK mendagri belum ada sehingga jadwal pelantikan diundur lagi ke Jumat (4/10)

“Kalau sudah kita peroleh SK itu, maka kita akan segera agendakan kembali untuk pengambilan sumpa janji pimpinan DPRD NTT” ujar dia

Pelantikan pimpinan DPRD NTT dilakukan berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 161.53-5004 Tahun 2019 Tanggal 30 September 2019 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD NTT

Keputusan sesuai ketentuan pasal 328 ayat (5) UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan perubahannya yang menyatakan bahwa pimpinan DPRD Provinsi sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi

Keterlambatan pelantikan ini kata dia, bukan karena lemahnya koordinasi Pimpinan sementara DPRD NTT, Sekwan DPRD NTT ataupun Pemprov NTT tetapi tergantung waktu Menteri Dalam Negeri menandatangani SK pelantikan DPRD NTT.

“Semua ini bukan karena kelemahan koordianasi atau perencanaan yang lemah dari pimpinan sementara DPRD, Sekretariat atau pemerintah NTT, memang ini sangat tergantung pada waktunya bapak menteri menandatangani SK” tegas dia

Secara umum, pelantikan pimpinan DPRD NTT belum masuk kategori terlambat. Hal ini karena pihaknya mengusulkan lebih cepat, lalu karena belum keluar SK maka terkesan dianggap terlambat. Dia bahkan membeberkan ada daerah yang mengajukan seminggu mendahului NTT terkait pelantikan DPRD tetapi belum ada SK yang dikeluarkan misalnya provinsi Bali ( Usif).


Reporter: Usif


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here