Ketika Marthen Dira Tome Nyatakan Siap Maju Dalam Pilgub NTT

0
776
Loading...

KUPANG,fokusnusatenggara.com- Gong suksesi Pilkada Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), masih dua tahun lagi. Namun sejauh ini pembicaraan, diskusi soal sosok figur-figur yang akan mau bertarung ramai dibicarakan. Banyak nama mucul dalam diskusi dan perbincangan tersebut.

MDTAda Beny K Harman ( Anggota DPR RI dari Partai Demokrat), Ibrahim Agustinus Medah ( Anggota DPD RI), Eston Foenay (Mantan Wagub NTT), Andreas Garu ( Anggota DPD RI), Daniel Tagu Dedo (Dirut Bank NTT), Lusia Adinda Leburaya (Istri Gubernur NTT saat ini) dan Marthen Dira Tome (Bupati Sabu Raijua).

Nama-nama ini adalah figur yang kapabilitas, kredibilats dan kemampuan memimpin mereka tidak diragukan lagi. Tapi dari sekian nama yang ada, sosok Marthen Dira Tome menjadi salah satu figur yang banyak dibincangkan oleh semua kalangan. Bahkan di media sosial semisal facebook, sosok yang kerap disapa Rajawali Dari Negeri Para Dewa ini, selalu menjadi topik yang hangat dalam pembicaraan para netizen.

Sabtu, 30 Juli 2016, dihadapan puluhan relawan dan tim media, Marthen Dira Tome dengan tegas katakan dirinya serius maju dalam Pilgub NTT. Bahkan deklarasi secara resmi untuk dirinya akan dilakukan setelah tanggal 17 Agustus 2016.

“ Selama ini banyak yang tanya ke saya soal keseriusan saya untuk maju. Dan hari ini di hadapan rekan-rekan media semuanya saya katakan bahwa saya serius dan siap untuk maju dalam Pilgub NTT. Keseriusan ini berangkat dari keyakinan saya, untuk melayani masyarakat NTT dan membawa perubahan bagi masyarakat NTT,” ungkap sosok yang biasa disapa Matade.

Sikap Dira Tome ini tentu bukan tanpa pertimbangan politik yang matang. Bahkan jauh sebelum dirinya katakan serius untuk maju, tim dan relawan MDT for NTT 1 yang dibentuk secara suka rela di berbagai daerah di NTT, sudah melakukan studi dan kajian soal tingkat elektabilitas dari sosok muda dan berani ini.

“ Kami dari relawan sudah lakukan studi dan survei soal sosok MDT. Dan kondisi di lapangan hampir di semua kabupaten figur MDT selalu unggul dari beberapa nama yang lain,” jelas Dedi Lay Riwu, anggota relawan MDT for NTT 1.

Marthen Dira tome bukan sosok yang baru dalam peta politik di NTT. Bahkan sosok Bupati Sabu Raijua ini selalu menjadi sumber tulisan para awak media, terkait  sepak terjang dia dalam memimpin Sabu Raijua yang dikenal sebagai Negeri Para Dewa ini. Bahkan dirinya selalu disebut sebagai sosok pemimpn yang berani, inovatif, tegas dan penuh kasih.

Sikap tegas dan berani sudah dia tunjukan, saat dirinya menang pra peradilan melawan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam kasus dugaan korupsi dana PLS. Ini jarang kita temui sekarang ini dalam diri para pemimpin yang lain.

Selain berani, dirinya selalu optimis dengan apa yang dilakukan. Sabu Raijua yang dulu tidak dipandang oleh semua orang, bahkan selalu dianggap sebagai daerah yang tidak punya potensi unggulan, ditangan Dira Tome Sabu Raijua ditata dan dikembangkan.

Saat ini dunia luar mengenal Sabu Raijua melalui garam dan rumput laut. Garam sabu saat ini sudah dieksport ke beberapa daerah seperti Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Demikian juga dengan rumput laut, baik dalam pruduk asli maupun olahan.

Bahkan pada tanggal 17 Agustus 2016 nanti, Kabupaten Sabu Raijua akan melakukan launching atau peluncuran produk unggulan laiinya, yakni air mineral  dalam kemasan yang diberi nama OASA. Menurutnya, air ini diyakini mampu bersaing dengan produk air Aqua yang selama ini sudah terkenal kualitasnya.

“ Air yang akan kita luncurkan ini, sudah diteliti oleh para ahli. Dan hasil penelitian tersebut katakan bahwa air dari sumber mata air ini, memliki kualitas hampir sama dengan aqua. Bahkan kadar kapur dan variabel pengganggu lainnya berada dibawa rata-rata milik aqua,” jelasnya.

Selain itu menurutnya, desnitasi wisata budaya dan alam menjadi unggulan Sabu Raijua saat ini. Sebut saja Bukit Kelleba Maja ( bekas tapak kaki gajah mada), Gua Leimadira, Kampung Adat Kudji Ratu, Migrasi Ikan Paus Biru setiap tahunnya, hingga Pesta Rakyat Holle. Semua ini berkat tangan dingin Marthen Dira Tome, Sabu Raijua semakin bergeliat dalam membangun.

Dengan sederet prestasi, sikap berani, jujur dan bertagan dingin, serta usia yang masih muda,  tak diragukan lagi Marthen Dira Tome adalah sosok ideal Gubernur NTT yang akan datang. Saat ini hampir semua tim relawan di seluruh kabupaten dan kota, sedang gencar sosialisasi sosok ini. Begitu juga lobi kepada partai politik, sudah dilakukan dirinya.

“ Sebagai kader partai Nasdem, saya didukung penuh oleh DPP Nasdem untuk maju. Bahkan saat ini saya sementara lakukan komunikasi politik kepada partai lainnnya,” jelasnya.

Dira Tome menjelaskan, dirinya maju dalam Pilgub NTT kali ini, hanya mengusung semangat perubahan. Masyarakat NTT yang selalu disebut miskin, menjadi tantantangan sendiri baginya untuk merubah. Dengan pengalaman yang dimiliki, dirinya optimis dapat mengubah stigma miskin dalam masyarakat NTT.

“ Kemiskinan bagi masyarakat NTT adalah momok bagi kita. Sebenarnya cara atasi sangat mudah. Dengan menggali potensi kekayaan alam, kemudian dikelolah dan diolah dengan baik, akan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat kita. Selain itu, pembukaan lapangan kerja yang baru, serta peningkatan kesejahteraan melalui kecukupan pangan, rumah layak huni, kesehatan dan pendidikan yang baik, akan mengurangi angka kemiskinan kita,” jelasnya.

Banyak kompetitor dalam Pilgub NTT kali ini yang mulai berhitung secara politik terkait peluang mereka,  ketika MDT menyatakan serius untuk maju. Sebab selain unggul dalam sisi usia, MDT dinilai memiliki kemampuan lebih yang mendapatkan simpati luar biasa dari masyarakat NTT. Muda, enerjik dan berani serta tegas menjadi nilai tambah tersendiri bagi Sang Rajawali dari Negeri Para Dewa. (fatur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here