Jokowi Raih 70,66 Persen di Ende

0 56

theeENDE,fokusnusatenggara.com– Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) meraih 70,66 persen atau 68.704 suara mengungguli pasangan Prabowo-Hatta yang meraih 28.524 suara atau 29,34  persen.

Ketua Tim Pemenangan Koalisi Partai Pengusung Jokowi-JK Kabupaten Ende, Yustinus Sani, menyampaikan hal tersebut kepada wartawan di kediamannya, Kamis (10/9/2014).

Dikatakannya, data perolehan suara sementara itu diperoleh dari para saksi yang tersebar di Kabupaten Ende. Sesuai data yang ada, jelas Yustinus, sebagian besar kecamatan yang ada di Kabupaten Ende unggul pasangan Jokowi-JK.

Sesuai data yang diperoleh dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Ende, pasangan Prabowo-Hatta menang di Kecamatan Pulau Ende, dan sisanya dimenangkan oleh pasangan Jokowi-JK.

Justinus menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ende yang telah menaruh kepercayaan kepada pasangan Jokowi-JK dalam ajang pilpres 2014.

Diharapkan kepada para saksi dan tim relawan untuk mengawal hasil perolehan suara pada saat proses pleno baik di tingkat desa, kelurahan maupun kecamatan hingga kabupaten.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende tidak melansir hasil perolehan suara sementara pilpres di Kabupaten Ende. KPU Ende hanya mengirimkan hasil model C 1 dari 675 TPS ke KPU pusat.

Anggota KPU Kabupaten Ende, Djamal Umar, mengatakan hal itu kepada wartawan di Kantor KPU Ende, Kamis (10/7/2014). Dikatakannya,  tidak ada perintah dari KPU pusat untuk melansir perolehan suara sementara. KPU Kabupaten Ende hanya diminta untuk mengirimkan hasil dari model C1 dalam bentuk scan ke KPU pusat. “Minta maaf untuk sementara hasil perolehan suara sementara belum bisa dilansir,” kata Djamal.

Djamal mengatakan, pihaknya memahami keinginan publik untuk mendapatkan informasi itu. Selain karena tidak diharuskan untuk melansir perolehan suara sementara, juga operator di Sekretariat KPU Ende saat ini sedang sibuk membuat laporan model C1 ke KPU pusat.

“Apabila publik hendak mencaritahu hasil perolehan suara sementara, bisa diperoleh di tingkat desa dan kelurahan karena saat ini proses rekapitulasi sedang berlangsung di tingkat desa dan kelurahan,” kata Djamal.

Dikatakannya, hasil perolehan suara sementara akan dapat diketahui pada saat proses rekapitulasi di tingkat KPU Ende yang akan dilaksanakan tanggal 16-17 Juli 2014.

Disaksikan Pos Kupang, staf sekretariat KPU Kabupaten Ende dibantu anggota KPU Ende melakukan rekapitulasi perolehan suara dalam bentuk model C1 yang akan dikirim ke KPU pusat. (rom)*sumber : Pos Kupang

 

Comments
Loading...